Senin, 02 Januari 2012

Latihan Mata Untuk Kesehatan Mata


Kita semua tahu betapa pentingnya adalah untuk menjaga tubuh kita fit dengan melakukan hal-hal seperti pergi ke gym, jogging, dan berenang.  Tapi, apakah Anda tahu bahwa Anda bisa melatih mata Anda juga?  Olah Raga Mata akan menjaga kesehatan mata dan membantu mengurangi kelelahan mata.



Mata adalah salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh kita.  Mereka bekerja dari saat kita bangun sampai kita tidur. Tidak ada yang dapat memadai untuk mengukur nilai dari penglihatan.


Selama 10 terakhir  sampai 15 tahun telah terjadi peningkatan tajam dalam jumlah orang yang memakai kacamata dan lensa kontak.  Hal ini termaksud penggunaan komputer yang meningkat secara drastis baik di rumah dan di tempat kerja, dan adanya peningkatan menonton televisi.  Lebih dari 50 persen dari pengalaman pengguna komputer kelelahan mata, sakit kepala, penglihatan kabur dan gejala visual lainnya yang terkait dengan penggunaan komputer secara berkelanjutan.  Jenis stres pada sistem visual juga dapat menyebabkan kelelahan tubuh dan mengurangi efisiensi di tempat kerja.

Banyak dari gejala ini dapat dikurangi melalui kombinasi kondisi workstation, posture, stress-relieving lenses yang diresepkan khusus untuk pengoperasian komputer, khusus anti-silau layar, suplemen nutrisi dan latihan mata.

Kata Latihan hampir selalu digambarkan sebagai pekerjaan berat, otot-otot bertonjolan dan membentang ketat.  Hal ini tidak terlalu sering kita menyadari betapa pentingnya juga untuk latihan mata kita.  Mata kita perlu latihan rutin untuk menjaga kesehatannya, sama seperti otot lain dalam tubuh.  Kita membiarkan mata kita begitu saja dan akhirnya mata kita akan menyerah dan pastinya kita membutuhkan kacamata atau lensa kontak.  Ini tidak harus terjadi jika Anda teratur berolahraga mata Anda.  Dengan melakukan latihan mata secara teratur, visi Anda akan menjadi lebih baik dan lebih jelas sebagai saraf mata menerima pasokan darah.  Latihan mata membantu menjaga otot-otot yang kuat dan aktif.  Mata juga membantu meringankan ketegangan melihat layar komputer untuk waktu yang lama.

Jadi bagaimana untuk melatih mata Anda?  Untuk memulai, ada sekumpulan tips yang patut dilaksanakan untuk melatih mata Anda dan anda dapat mulai melakukan segera:

  1. Pertama, gosok tangan Anda secara bersamaan sampai tangan anda terasa hangat (sekitar 15 sampai 20 detik).  Kemudian tutup mata anda dan tempatkan telapak tangan Anda di atas mata, berhati-hati untuk tidak menekan pada bola mata Anda.  Pastikan bahwa tidak ada sinar memasuki ke mata, dan tidak ada celah-celah antara jari-jari.  Tahan pada posisi ini selama satu atau dua menit.  Jika lengan Anda lelah, istirahatkan siku Anda pada meja.  Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama 5 sampai 15 menit.
  2. Berkedip merupakan cara sederhana namun sering diabaikan untuk menjaga mata Anda tetap segar dan mampu fokus lagi.  Pengguna komputer dan menonton televisi cenderung kurang berkedip, terutama ketika mata sungguh-sungguh terfokus pada sesuatu.  Cobalah sekarang sebagai latihan sederhana.  Selama dua menit berikutnya berkedip setiap 3 - 4 detik.
  3. Duduk bersila di kursi dan melihat lurus ke depan.  Kemudian tahan napas sambil memutar mata ke sisi kanan, dan membawa mata kembali ke tengah saat mengembuskan napas.  Ulangi, kali ini giliran mata ke sisi kiri.  Kemudian, tarik napas lagi dan mengubah pandangan Anda ke atas dan saat mengembuskan napas kembalikan bola mata ke awal lagi.  Ulangi kebawa seperti metode tersebut.  Anda dapat mengulangi proses ini 2-3 kali, tidak lebih.  Berhenti dan bersantai jika mata anda terasa tegang. Gergulirkan mata Anda dalam lingkaran.  Putar menatap ke kanan dan kemudian ke atas sambil menghirup dan ke bawah kiri dan kemudian sambil menghembuskan napas. Akhirnya, lihat lurus ke depan.  Tarik napas dan membuka mata selebar mungkin.  Lalu buang napas dan mengepalkan kelopak mata Anda secara bersamaan.
  4. Ambil pena dan menyimpannya pada lengan panjang dari mata Anda.  Berkonsentrasi pada ujung pena.  Perlahan-lahan membawa pena dekat mata Anda, berhenti ketika menyentuh hidung Anda.  Kemudian, sementara masih berkonsentrasi pada ujung pena kita kembali ke posisi semula.  Cobalah untuk tidak berkedip.  Pada awalnya mata Anda mungkin merasa berair.  Tutup mereka dan bersantai.  Ulangi proses ini 2-3 kali.
  5. Duduk atau berdiri di salah satu ujung ruangan, biarkan mata Anda memindai/melihat sekitar tepi objek dalam ruangan seperti jam, televisi, pintu, lampu, komputer, dll Tujuan dari latihan ini adalah untuk menjaga mata Anda bergerak lebih leluasa.  Lakukan latihan ini selama dua menit.
  6. Tutup mata Anda seketat mungkin.  Usap mata, sehingga otot mata terasa kontrak.  Tahan kontraksi ini selama tiga detik dan kemudian lepas dengan cepat.  Latihan ini menyebabkan relaksasi dari otot-otot mata dan sangat bermanfaat setelah sedikit ketegangan yang disebabkan oleh latihan mata. 
  7. Fokus pada sebuah objek yang jauh (lebih dari 50 m) selama beberapa detik dan perlahan-lahan kembali fokuskan mata Anda pada sebuah objek yang lebih dekat (kurang dari 10 m jauhnya) yang ada di arah yang sama.  Fokus selama beberapa detik dan kembali ke objek jauh.  Lakukan ini 5 kali.
  8. Cobalah untuk melakukan latihan mata sekali sehari.  Hal ini membutuhkan hari yang cerah atau lampu meja yang baik dengan lampu pijar.  Tutup mata Anda.  Melihat langsung ke matahari melalui mata Anda yang tertutup.  Sementara menghadap matahari, perlahan-lahan memutar kepala Anda dari sisi ke sisi sejauh yang Anda bisa.  Hal ini mendapat sinar matahari pada visi perifer, dan membantu sirkulasi darah lebih banyak membawa ke leher Anda.  Lakukan ini selama 3 sampai 5 menit.

Terlalu banyak pekerjaan mempengaruhi mata kita menjadi buruk.  Kita perlu perawatan yang tepat bagi mata kita untuk menjaga kesehatannya. (lifemojo.com)



www.lintas-copas.blogspot.com