Rabu, 25 April 2012

Tips Menjadi Karyawan Sukses


1. SIKAP

Pondasi utama yang harus anda lakukan adalah menata sikap, kurangi sikap negative anda dan lebihkan sikap positif anda. Contoh yang bisa membuat anda cepat berkembang dan pintar adalah:

Sikap Berpikir Positif
Apapun hal yang anda hadapi, apapun berita yang anda terima dan keadaan apapun yang sedang menimpa anda, jalani saja dengan sikap positif, tidak cepat mengambil keputusan dan lakukan segalanya menuju arah solusi, dan bukan menuju arah masalah. Jadi jika dimarahin boss pun, berpikir positif saja, mungkin si boss lagi ngetest anda.

Sikap Mau Belajar
Belajarlah terus kepada atasan anda, kalau bisa belajar langsung ke 1, 2 tingkat di atas Anda. Pelajari kelebihan dan sisi Positif dari mereka, Pelajari semua yang bisa membuat mereka senang : Hobbinya , Prestasinya, Spesialisasinya. Pelajari kelemahan mereka, tapi jangan kasih tahu mereka yah. Nah kalo merasa sudah cukup ilmu, cari perusahaan baru yang kasih gaji lebih besar atau bikin usaha baru. Dijamin anda sukses.

How To Work For An Idiot

Belajar hal *- hal biasa bukan berarti anda bodoh ataupun anda kurang mampu. Belajar adalah proses mengasah diri yang terus dilakukan tanpa henti. Belajarlah kepada asisten/bawahan anda, seperti halnya anda belajar kepada atasan anda. Berbagilah ilmu dan saling mendukung agar anda mendapatkan support dan dukungan penuh dari bawahan anda, sehingga mereka akan berlaku jujur dan obyektif.

Sikap Suka Menolong
Di suasana kerja, anda harus selalu enjoy dan senang aja menolong. Tidak pandang bulu, semua orang yg ada di lingkungan kerja anda seperti petugas keamanan, office boy, bagian kebersihan dll. Menolong tanpa pamrih, tetapi target anda mencoba orang yang anda tolong merasa Tertolong. Sikap suka menolong biasanya di ikuti dengan sikap pemaaf dan jujur dalam bertindak.



2. MANAJEMEN DIRI

Porsi kerja anda harus maksimal, artinya anda harus mengerjakan tanggung jawab yang dibebankan kepada anda yang diberikan oleh Perusahaan sesuai dengan kedudukan/posisi jabatan yang anda sandang harus 150%.

Artinya yang 50% adalah memang tugas anda, dan yang 100% adalah Tugas bawahan anda. Maksudnya, jika sewaktu *waktu atasan anda berhalangan atau tidak bisa bekerja, Anda bisa menolong dan membantu tugasnya secara benar. Inilah kesempatan anda di uji oleh Perusahaan, jika anda melakukan dengan benar maka berita bagus akan selalu bersama anda. Tentu saja anda harus melakukannya dengan sepengetahuan atasannya atasan anda, supaya mereka tau andalah the man behind the gun, jadi pujian nggak jatuh di atasan anda terus.

Anda juga harus siap mengerjakan pekerjaan Atasan anda jika sewaktu *- waktu mereka berhalangan hadir, jadi bikin anda mandiri dan siap di segala medan. Kalau atasannya atasan anda lihat kan pasti akan merasa nyaman memberi anda gaji yang besar.


3. MAIN STRATEGY

Bekerja cerdik dan pintar, bisa mengatur Strategy semulus mungkin. Anda sebisa mungkin tidak selalu memilih *- milih pekerjaan yg dibebankan pada saat itu, jika menerima hal baru, jalani saja sebagai sebuah ujian diri/tantangan. Jika tidak menerima suatu pekerjaan baru, anda sudah sedikit merasa monoton? Coba lirik dan amati Pekerjaan Atasan anda, kalau perlu pelajari dan lakukan pekerjaan itu bersama Atasan anda, meminta ijin atau mencoba belajar mengerjakan pekerjaan atasan anda adalah HAL yang Special dan patut anda senangi. Ini penting artinya bagi Karir anda!

Makanya waktu dulu saya selalu Tertawa jika ada teman saya melarang atau mengatakan saya bodoh,..Koq mau *maunya ngerjain pekerjaan orang lain, gaji udah jelas beda, masak pekerjaan atasan dikerjain sich ? dia bilang begitu.. Saya hanya menjawab, ingin belajar dan tahu pekerjaan atasan itu seperti apa.

Nah, ternyata ada manfaatnya yg besar sekali. Suatu ketika atasan mendadak sakit, tidak bisa datang untuk bekerja, padahal saat itu pekerjaannya cukup banyak. Nah kesempatan inilah yg harus gunakan sebaik mungkin, sewajarnya dan memang harus perlu membantu mengerjakan pekerjaan atasan tersebut, dan berusaha meyakinkan kepada BOSS besar bahwa semuanya bisa diatasi dan bisa berjalan lancar. Yakinkan BOSS besar anda bahwa semua pekerjaan berhasil baik, jual talenta & skill anda di saat ini.

Siapa tahu, di saat atasan anda nanti mendapatkan Promosi Karir atau dipindahkan ke Posisi lain, maka 90% atasan anda akan merekomendasikan ke BOSS Besar bahwa anda layak menggantikan Posisi nya.

4. MENGAMBIL HATI

Anda harus pandai mengambil hati/mencuri perhatian. Anda mampu melakukan tindakan * tindakan yang positif dan cemerlang disituasi yang penting. Anda mampu membuat orang lain merasa nyaman dan menaruh hormat kepada anda. Maaf, bedakan dengan Mencari MUKA. Kalau mencari muka biasanya suatu tindakan membual, Akting layaknya Aktor terkenal disaat BOSS sedang mengamati anda. Mencari muka biasanya dijalankan pada saat *saat tertentu saja, dan biasanya kegiatan yang dilakukan tidak seimbang dengan kebiasaan waktu - waktu kerja normal. Jadi, pilihlah sikap mengambil hati ya?



5. BERANI BERKOMPETISI

Di Posisi Pekerjaan apapun, Kompetisi harus ada. Artinya anda siap bersaing, berkompetisi secara sehat dengan Rekan kerja anda yang Posisi nya setara dengan Anda. Anda tidak bisa menilai bahwa anda akan menang dalam persaingan, kecuali anda bekali dengan Sikap Sabar, Positif dan selalu Belajar terus.

Berkompetisi di sini bukan berarti anda sibuk mencari kesalahan kesalahan orang lain seperti kerjaannya Pak/Ibu HRD, tetapi justru anda bisa menang dalam persaingan ini jika anda mampu menutupi/membantu mengatasi masalah/kelemahan - kelemahan orang lain. Datang dan hadirlah ditengah- tengah rekan kerja anda sebagai seorang juru selamat, seorang pemberi solusi/pemecah suatu masalah. Jika demikian, maka suasana Kompetisi tersebut berjalan mulus dan sesuai dengan rencana anda. Dan orang lainpun tidak akan merasa dirugikan.

Maka coba anda Praktekkan, lalu lihat perkembangan diri anda dalam 1 tahun. Zaman sekarang ini , hal *- hal dibawah ini sudah dianggap biasa dan nggak terlalu dilirik oleh Atasan & Pemilik Perusahaan:

Datang bekerja Tepat waktu/tidak pernah Bolos
Rajin bekerja dan Ramah
Bekerja sesuai Job
Pekerja Keras & Tekun
Karena hal *- hal itu sudah biasa dan memang harus begitu. Nah 1 tambahan EXTRA yang bisa mendukung 5 poin diatas adalah Tonjolkan sesuatu yg BEDA dari Anda!

Beda dalam hal ini sesuatu Skills/Keahlian yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Sesuatu hal yang membikin orang lain merasa salut dan anda selalu dibutuhkan dalam urusan ini. Coba temukan sesuatu yg Special di diri anda ?

Misalnya sesuatu yg Special itu adalah Anda pandai bernegosisasi, Anda Pandai menghibur, Anda selalu membuat orang lain Ketawa, Anda selalu muncul ide - ide cemerlang dan sebagainya. Hal ini kelihatan sepele, tetapi hal inilah yg sering orang lain ingat tentang diri anda.

Spoiler for TS Menerima:

:cendolbig


Spoiler for TS Tidak Menerima:

:batabig


Spoiler for hehe:

Jangan lupa
:rate5 dan Komengnya



SUMBER

indozen45 26 Apr, 2012