Jumat, 18 Mei 2012

Manfaat dan khasiat buah Sirsak


RAGAM MANFAAT BUAH SIRSAK

Bila kita membaca artikel-artikel tentang kesehatan, entah itu melalui buku, survey diinternet, ataupun melalui majalah, salah satu fakta yang akan kita jumpai adalah semakin banyaknya kasus-kasus penyakit yang muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Munculnya beragam penyakit itu sebenarnya bisa dicegah asalkan kita mau "sedikit" kerja keras: jangan terlalu memanjakan lidah dan jangan malas untuk bergerak. Untuk satu kasus penyakit saja, sebutlah kanker, menurut sebuah data saat ini telah dijumpai ada sekitar 200 jenis kanker. Belum lagi untuk penyakit lain yang sangat terkait dengan gaya hidup tak sehat.

Meski demikian, kita tetaplah patut untuk selalu bersyukur. Karena ternyata kita pun semakin banyak mendapat informasi bahwa semakin banyak tumbuhan atau buah yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.
Sebutlah misalnya sirsak. Buah yang mungkin kurang diminati karena rasanya yang asam ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
Khasiat utama dari buah sirsak ini adalah mampu memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat. Selain itu, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistim syaraf yang kurang baik.

Membunuh hanya Sel Jahat
Kehebatan khasiat sirsak ini diakui oleh Dr. Hardhi Pranata, SpS, selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI). Dia menjelaskan, sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol, dan juga bioflavonoid yang memiliki khasiat sebagai antioksidan.

Lebih lanjut Dr. Hardi menjelaskan, cara membunuh sel kanker oleh sirsak berbeda dengan obat lainnya. Sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuhnya abnormal atau sel-sel spesifik seperti radikal bebas yang ada sel-sel kankernya. Tapi sirsak tidak merusak sel-sel yang sehat.
Kandungan Glukosa, Fruktosa dan Vit. C.

Selain air, kandungan gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.
Kandungan Dietary Fiber pada Sirsak

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100g daging buah.
Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, dan asam urat. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain.
Kita tentu sebelumnya tak pernah menyangka bahwa buah sirsak ternyata memiliki demikian banyak manfaat. Bila di tempat Anda banyak dijumpai sirsak, jangan ragu untuk rajin mengonsumsinya. Insya Allah Anda akan mendapat banyak manfaat. Jangan sampai muncul keinginan mengonsumsi sirsak ketika keadaan sudah terlambat: Saat penyakit sudah datang menyerang!

SUMBER:PRO HERBAL