Sabtu, 23 Juni 2012

Mengenal Sifat dan Ciri-ciri Jin


Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga itu dibuka dan pintu neraka ditutup dan para syaitan dibelenggu (yakni syaitan dari kalangan jin) yang menyebabkan mereka tidak mampu menyebar dan menyesatkan manusia dari jalan Allah. Dan diluar bulan Ramadhan maka syaitan dari kalangan jin ini berkeliaran diberbagai tempat dan mereka berusaha untuk menyakiti dan mengganggu kaum mukminin dan menyesatkan manusia dari jalan Allah. Selain alam kita manusia dan alamnya malaikat maka ada alam lain yaitu alam kaum jin, dimana mereka memiliki ciri-ciri sendiri dan mempunyai sifat-sifat sendiri yang berbeda dengan manusia dan juga berbeda dengan malaikat.

Jin bisa melihat manusia akan tetapi manusia tidak bisa melihat jin tapi pada kondisi-kondisi tertentu jin memperlihatkan diri. Asal penciptaan jin adalah dari api yang sangat panas. Penciptaan jin lebih dahulu dari penciptaan manusia. Dan jin juga dibebankan padanya syariat Allah, dan jin juga diberi akal, dan diberi kemampuan untuk memilih (mana yang baik dan mana yang buruk).

Apakah jin tidak berbentuk (seperti udara)? ataukah jin itu punya jasad? maka jawabannya adalah jin memiliki jasad dengan berbeda-bedanya keadaan dan bentuk mereka. Jin itu secara garis besar memiliki tiga kelompok atau bentuk, yaitu kelompok jin yang memiliki sayap (mereka bisa terbang diudara), kelompok kedua adalah ular-ular, dan kelompok yang ketiga adalah jin yang tidak menetap.

SUMBER