Senin, 25 Juni 2012

Pesawat Luar Angkasa China Berhasil Docking Manual


BEIJING - Pesawat antariksa China yang membawa tiga orang astronot berhasil melakukan docking manual dengan sebuah modul yang mengorbit di Bumi. Ini menandai pencapaian pertama China untuk menyejajarkan diri dengan Amerika Serikat dan Rusia dalam hal penjelajahan luar angkasa.

Diwartakan Associated Press, Selasa (26/6/2012), manuver kapsul Shenzou 9 dengan modul Tiangong 1 tersebut disiarkan melalui TV nasional China. Ini merupakan kelanjutan dari docking pada pekan lalu yang dilakukan menggunakan remote dari darat.

Juru bicara untuk progam luar angkasa berawak China, Wu Ping mengatakan bahwa docking tersebut dilakukan menggunakan tuas tangan untuk mengendalikan Shenzou 9 dan memosisikan Shenzou 9.m. "Kesuksesan dalam docking secara manual ini menunjukkan sebuah terobosan besar dalam hal luar angkasa China dan misi masa depan," ungkapnya.

Gol China berikutnya adalah mengirimkan misi luar angkasa berawak lainnya ke modul tersebut pada akhir tahun ini dan mengganti Tiangong 1 dengan sebuah stasiun luar angkasa permanen pada 2020. Selain itu juga ada kemungkinan mengirimkan manusia ke bulan.

Stasiun luar angkasa permanen yang direncanakan China memiliki bobot sekira 60 ton, sedikit lebih kecil ketimbang Skylab milik NASA atau seperenambelas ukuran International Space Station. Dalam kru Shenzou ini termasuk seorang astronot wanita pertama bernama Liu Yang

[imagetag]
sumber: http://is.gd/jj4S0q