Kamis, 19 Juli 2012

Harta Karun, 50 Ribu Koin Roma Diungkap di Inggris


Harta Karun 50 Ribu Koin Roma Diungkap di Inggris 300x194 Harta Karun, 50 Ribu Koin Roma Diungkap di Inggris

Foto: Cheskin David, Wire PA / AP

Lima puluh ribu koin Roma ditemukan di Somerset, Inggris, pada tahun 2010 (termasuk artefak di atasnya). Jumlah timbunan koin terbesar ini seperti harta karun yang ditemukan dalam satu tempat, dan ini merupakan timbunan koin terbesar kedua yang pernah ditemukan di Inggris, menurut para pakar Museum Inggris.

Koin-koin tersebut, ditemukan bersama-sama penemuan perhiasan emas Zaman Besi oleh pemburu harta karun amatir. Temuan ini bakal menjadi milik Museum Somerset Inggris, dan akan ditempatkan di ruang pamer setelah dibuka kembali pada musim panas ini.

Sebagian besar dari temuan ini telah dibersihkan dan direstorasi, berisi hampir 800 koin yang dicetak oleh Carausius, seorang jenderal Roma yang menyatakan dirinya sebagai kaisar Inggris pada 286 SM dan memerintah selama tujuh tahun sebelum dibunuh oleh bendaharanya.

Selama tujuh tahun itu, Carausius menyebarkan kekuasannya, ada sebagian melalui propaganda, contohnya dengan mengeluarkan koin kualitas tinggi dengan gambar cetak kesukaan sang jenderal.

Temuan itu juga berisi koin-koin yang menunjukkan pendiri mitos kota Roma, Romulus dan Remus yang menggambarkan seekor srigala. Sebuah gambar yang tak pernah ada sebelumnya pada koin Carausius. Carausius mungkin saja menggunakan gambar tersebut untuk mengikatkan dirinya dengan Kekaisaran Roma secara kesejarahan.

“Dia adalah seorang propagandis besar,” kata arkeolog Museum Inggris Sam Moorhead , “Dia memperkenalkan koin-koin tersebut begitu ia naik takhta,” lanjut Sam.



www.lintas-copas.blogspot.com