Jumat, 31 Agustus 2012

Lima Alasan Tepat Menolak Pekerjaan


SIAPA yang tak menginginkan pekerjaan? Semua orang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, tak semua tawaran pekerjaan yang datang adalah pekerjaan yang tepat untuk orang tersebut. 
Nah, bagaimana mencari tahu apakah sebuah tawaran pekerjaan tepat atau tidak? Berikut beberapa tip yang bisa dicoba.

Perusahaan tersebut sedang kolaps
 Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui kondisi ”kesehatan” sebuah perusahaan. Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan publik, Anda bisa mencarinya di internet atau membaca berita di media massa. Namun, jika perusahaan ini adalah perusahaan privat, tanyakan kondisi ini pada pewawancara Anda. Tentunya tidak dengan menanyakan langsung melainkan dengan menanyakan perkembangan perusahaan selama dua atau setahun terakhir. Anda juga bisa mencari tahu lewat karyawan perusahaan tersebut.

Proses wawancara berlangsung lama atau tidak terorganisir dengan baik
Jika perusahaan membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu atau tiga sampai empat kali wawancara untuk memberikan keputusan final, maka ini bisa menjadi tanda bahwa tak ada koordinasi yang baik di perusahaan tersebut. Ini berarti bahwa setiap orang di perusahaan tersebut merasa harus terlibat langsung dengan calon pekerja, bukan memercayakannya pada pihak yang seharusnya bertanggung jawab.

Punya perasaan tak enak

Anda juga harus mempertimbangkan kembali sebuah tawaran pekerjaan jika Anda merasa tak nyaman dengan perusahaan atau bidang yang ditawarkan. Kondisi yang tak nyaman tersebut bisa beragam, mulai lingkungan kerjanya, budaya perusahaannya, rekan kerjanya, atau peraturan baku yang harus dipatuhi. Dalam hal ini, Anda harus memercayai insting Anda karena bisa jadi insting tersebut mampu menangkap hal yang tidak dapat ditangkap mata Anda.

Gajinya di bawah perkiraan
Walau mungkin Anda tidak menempatkan besaran gaji dalam kriteria penting untuk menerima pekerjaan, tetap saja gaji yang terlalu kecil tidak akan bisa membayar kebutuhan hidup Anda sehari-hari serta tagihan bulanan yang menjadi tanggung jawab Anda. Jadi pertimbangkan baik-baik jika Anda ingin memutuskan mengambil pekerjaan yang gajinya di bawah standar hidup Anda.

Bertentangan dengan prinsip, moral, dan gaya hidup
Walau mencari pekerjaan memang sulit, tidaklah sepadan jika Anda harus mengorbankan harga diri Anda untuk sebuah pekerjaan yang bertentangan dengan prinsip dan nilai-nilai hidup yang Anda pegang teguh.
Semua orang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, tak semua tawaran pekerjaan yang datang adalah pekerjaan yang tepat untuk orang tersebut.
Okezone.com

www.lintas-copas.blogspot.com