Jumat, 19 Oktober 2012

Data Baru Ungkap Rahasia Lubang Hitam

Headline
Data dari Chandra X-ray Observatory mengungkap detail baru mengenai kelahiran lubang hitam dari jutaan tahun silam. Ingin tahu?

Lebih dari 30 tahun, astronom terkenal Stephen Hawking bertaruh menyatakan ada lubang hitam di Cygnus X-1. Namun pernyataannya itu memang terbukti salah dan astronom mengatakan, data baru kini memberi nilai massa, putaran dan jarak lubang hitam dari Bumi.

“Informasi baru ini memberi bukti kuat mengenai bagaimana lahirnya, berat dan seberapa cepat perputaran lubang hitam. Ini sangat menarik karena hingga kini tak banyak informasi diketahui mengenai kelahiran lubang hitam,” papar Kepala Studi Mark Reid dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Cygnus X-1 atau disebut dengan lubang hitam massa luar angkasa ini muncul dari runtuhan bintang raksasa. Lubang hitam ini berada dekat dengan bintang biru tetangganya.

“Sangat menakjubkan memiliki deskripsi penuh obyek seukuran asteroid yang jaraknya ribuan tahun cahaya dari Bumi ini. Kini astronom punya pemahaman yang lebih komplit mengenai lubang hitam,” ungkap astronom Lijun Gou seperti dikutip UPI.



www.lintas-copas.blogspot.com