Senin, 22 Oktober 2012

Fakta Mengejutkan Perubahan Iklim-Evolusi Manusia

Headline
Perubahan iklim yang terjadi selama dua juta tahun terakhir ternyata memiliki dampak yang mengejutkan pada proses evolusi manusia. Apa itu?Terungkap, perubahan iklim mendorong evolusi manusia dengan cara memaksa mereka beradaptasi untuk mengubah kondisi yang ada dan bermigrasi ke daerah baru. Peneliti menemukan, jauh dari kata menghambat perkembangan, periode saat Bumi mendingin atau menghangat terbukti sangat menguntungkan.

Tak hanya memaksa manusia bermigrasi, perubahan iklim juga memaksa manusia berevolusi secara budaya dengan mendorong manusia belajar bekerjasama.

Para ahli dari National History Museum dan Cambridge University berhasil mengidentifikasi lima kunci periode pergeseran perubahan iklim yang mempercepat evolusi sosial dan genetik manusia.

Evolusi pertama terjadi pada dua juta tahun silam saat periode kekeringan panjang terjadi di mana menghasilkan manusia awal yang beradaptasi untuk berlari dan berburu. Kemudian selama zaman es pada 450 ribu tahun silam di saat manusia diyakini terbagi dalam tiga kelompok.

Manusia Eropa berevolusi menjadi Neanderthal dan manusia Asia mejadi Denisovan. Sisa manusia di Afrika menjadi manusia modern. Pada pekan ini, Royal Society akan memberikan detaol perihal hasil riset terbarunya ini.

“Hal menariknya, adanya bukti evolusi manusia dan perubahan iklim memiliki hubungan erat selama ratus ribuan tahun,” ungkap Rhiannon Stevens dari Cambridge University seperti dikutip DM.



www.lintas-copas.blogspot.com