Rabu, 17 Oktober 2012

Ilmuwan Berhasil Ungkap Rahasia Sosial Manusia

Headline
Bukan hal baru, manusia merupakan makhluk sosial dan bukan makhluk soliter. Perbedaan ini ternyata bisa diketahui saat siang dan malam. Ingin tahu?

Menurut para peneliti Inggris, manusia akan berhenti makhluk malam dan menjadi aktif saat siang hari. Peneliti Oxford University mengatakan, primata awalnya merupakan makhluk soliter yang hidup sendirian dan mengais di malam hari.

Namun, jutaan tahun silam, primata mulai bergerak di siang hari yang menempatkan mereka pada risiko lebih besar predator sehingga memaksa mereka cepat membentuk kelompok untuk mengurangi kemungkinan diserang seperti dikutip UPI.

Para peneliti mempelajari kelompok primata hidup serta hubungan evolusi dari 217 spesies primata lain untuk menemukan bagaimana perilaku sosial berkembang.

Tak seperti primata lain, manusia cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan berbagai pengaturan sosial dan sejumlah kelompok sosial seperti keluarga inti, keluarga besar dan hubungan monogami dan poligami.

“Fleksibilitas yang ada dalam silsilah manusia ini tak berevolusi di tingkat ini pada primata lain,” kata pemimpin studi Suzanne Shultz.

Temuan ini mendukung studi sebelumnya yang menunjukkan kekuatan otak lebih dibutuhkan bagi kelompok-kelompok yang memiliki kehidupan sosial lebih rumit. Hasil studi ini diterbitkan di jurnal Nature.



www.lintas-copas.blogspot.com