Jumat, 26 Oktober 2012

Luapan Lava Bawah Laut Ciptakan Pulau Baru

alt

Sebuah gunung berapi bawah laut dekat kepulauan Canary telah memuntahkan lava yang cukup besar sehingga segera akan menciptakan pulau baru di perairan Samudera Atlantik.

Selama kurun tiga minggu luapan lava tersebut telah tumbuh tinggi dan kini membentuk menara setinggi 100 meter di atas permukaan laut.


Kepulauan Canary dan 150 meter lainnya akan memiliki babak baru selama lebih dari satu juta tahun.

Penduduk di wilayah Kepulauan Canary telah menyarankan nama untuk sebuah pulau baru yang lebih berpotensi.Sudah terdapat lebih dari 500 saran, dengan beberapa saran yang cukup favorit seperti The Discovery, Atlantis dan The Best.

Sementara itu sejumlah surat kabar juga sedang memperdebatkan siapa yang akan bertanggungjawab atas wilayah baru tersebut.

Gunung berapi di lepas pantai El Hierro, ujung selatan Pulau Canary terus mengeluarkan magma dan menyebabkan beberapa kali guncangan sehari.

Sejak Juli telah terjadi lebih dari 10.000 kali gempa di El Hierro, namun sebagian besar tak dapat dirasakan.

Sejumlah resiko bagi populasi lokal kini sedang dimonitor, dengan mengambil gambar dasar lautan lewat kapal selam.Menurut perkiraan, resiko terjadi hanya di sekitar gunung berapi dimana ada kemungkinan lava dan batu yang terlempar ke udara.

Namun efeknya sudah terasa. Sebuah lautan abu yang lebih besar dari El Hiero mengambang di lautan dengan gelembung gas sehingga mengakibatkan kematian ikan-ikan di dalam air.

www.lintas-copas.blogspot.com