Sabtu, 27 Oktober 2012

Melawan Pukul 3 Sore yang Membosankan

BAGI mereka yang bekerja nine to five, pukul tiga sore adalah saat yang paling “genting”. Di jam tersebut umumnya karyawan sudah merasa lelah, mengantuk, dan tidak lagi bisa berkonsentrasi untuk bekerja. Bagaimana mengatasinya?

Dua jam menjelang pulang kantor, sudah jamak jika karyawan mulai tak berkonsentrasi untuk bekerja dengan benar. Alasannya bisa macam-macam. Bisa karena sudah lelah bekerja dari pagi, kurang tidur, malas, atau sudah memikirkan rencana untuk bersenang-senang sepulang bekerja. Karena itulah, saat sore hari kebanyakan karyawan bukannya bekerja malah menghabiskan waktu dengan bermain game, online di situs jejaring sosial, menelepon untuk urusan pribadi, atau diam-diam tidur di meja kerja.

Ini sebenarnya hal yang wajar. Namun jika dibiarkan dan menjadi kebiasaan, tentu saja akan berakibat buruk pada produktivitas kerja sekaligus buruk pula bagi reputasi karyawan tersebut.

Tentu saja kebanyakan orang akan melawan atau mengatasi masalah ini dengan minum kopi, makan cokelat, atau ngemil apa pun agar mata tetap melek.
Tapi ada cara lain yang lebih sehat untuk mengatasi hal ini, seperti yang berikut ini.

Berjalan-jalan sejenak
Jika Anda mulai mengantuk, berdirilah dari bangku Anda. Cobalah berjalan-jalan di seputaran kantor sambil melihat-lihat pemandangan di sekitar Anda. Bisa juga dengan mengajak mengobrol rekan kerja yang tidak sibuk. Tapi hati-hati, jangan terlalu lama mengobrol karena bisa mengganggu produktivitas kerja Anda. Cara lainnya, jika pekerjaan Anda memungkinkan Anda untuk keluar kantor untuk urusan pekerjaan, aturlah agar jadwalnya tepat di saat “jam-jam mengantuk” Anda. Dengan keluar kantor dan melihat “dunia luar” sedikit banyak bisa membantu mencegah Anda untuk mengantuk.

Tertawa
Carilah segala sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa. Anda bisa mencari cerita atau gambargambar lucu di internet. Anda juga bisa berbincang-bincang dengan rekan kerja di sekitar Anda sambil melempar lelucon untuk ditertawakan bersama. Tertawa, minimal tersenyum, bisa menyegarkan pikiran Anda. Tertawa juga membuat tubuh Anda yang lelah bisa lebih santai, bahkan menjadi lebih berenergi. Tentu saja ini bisa mengusir rasa kantuk dan membantu pikiran kembali fokus untuk bekerja.

Yoga
Jika Anda tak bisa pergi dari bangku Anda dan tak ada teman untuk diajak tertawa, cobalah melakukan yoga. Lori Wiley, instruktur yoga besertifikat memberikan cara yoga sederhana dengan hanya duduk di bangku Anda. Caranya, Anda tinggal melakukan tiga hal secara terpisah, yaitu dengan mengangkat tangan Anda ke atas hingga melewati kepala. Atau rentangkan tangan Anda ke samping, atau tarik dan embuskan napas dengan cepat. Lakukan hal tersebut sesuka yang Anda mau.

Makan dengan benar
Makanan yang Anda makan sangat memengaruhi semangat dan daya pikir otak Anda. Dalam hal ini, sarapan dengan makanan yang baik sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi dan energi saat bekerja nanti. Menurut artikel “Eating for Energy: A Simple Meal-by-Meal Guide to Managing Your Mood with Food” yang ditulis Susie Michelle Cortight, sarapan yang baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang tergolong complex carbohydrates atau makanan berunsur karbohidrat yang butuh waktu lama untuk dicerna seperti sayuran, roti, atau sereal. Sebaliknya, Anda lebih baik menghindari makanan karbohidrat yang bisa menaikkan gula darah seperti makan roti tawar dengan gula putih.

Berikut saran Cortight untuk konsumsi sarapan dan saat berada di kantor.

Sarapan
Pilih makanan roti atau sereal dengan protein rendah lemak, seperti yoghurt atau susu rendah lemak. Makanan ini bisa membantu otak dan otot Anda berfungsi baik selama bekerja. Makan siang Sebaiknya batasi makan terlalu banyak karbohidrat karena karbohidrat bisa memproduksi zat seratonin, zat yangmembantu seseorang untuk bisa tidur nyenyak di malam hari. Lebih baik Anda memakan protein yang cukup, seperti ikan agar energi tetap terjaga hingga saatnya pulang bekerja.

Camilan
Camilan penting untuk tetap menjaga energi. Cortight menyarankan agar di tengah hari makanlah camilan buah atau sayuran dibanding candy bar atau permen cokelat. Untuk camilan sore hari, boleh menikmati yoghurt atau crackers.
okezone.com

www.lintas-copas.blogspot.com