Senin, 22 Oktober 2012

Mengenal Lebih Jauh Fenomena Somniloquy - Berbicara Saat Tidur

Berbicara saat tidur atau mengigau dengan kata-kata yang tidak jelas seringkali kita dapati pada anggota keluarga, teman, sahabat atau bahkan pernah kita alami sendiri secara "tidak sadar". Berbicara saat tidur atau Mengigau adalah masalah umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.













Apa yang menyebabkan fenomena ini (Berbicara saat tidur)?


Apa benar disaat bergumam, kita dihampiri oleh orang-orang yang sudah meninggal?

Berbahayakah ?

Izinkan saya untuk membagi sedikit informasi dan penjelasannya kepada anda.

SOMNILOQUY


Mungkin istilah SOMNILOQUY terdengar begitu asing di telinga anda. Akan tetapi untuk ahli medis istilah ini sangat familiar bagi mereka, karena somniloquy adalah salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam tidur. SOMNILOQUY adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur,anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah.

Tidak ada yang tahu persis apa penyebab beberapa orang mengigau, tetapi mungkin saja hal ini terkait dengan faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres, dan kurang tidur.Orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur ketika mereka mengalami demam tinggi atau sakit. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti depresi atau skizofrenia dan obat nyeri. Alkohol juga bisa membuat anda lebih mudah mengigau.

Stres merupakan faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stress dan mengigaunya menghilang ketika stres/masalahnya terselesaikan. Mengigau tampaknya juga merupakan turunan, jadi jika ibu dan ayah anda mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa anda juga akan mengigau.

Solusi


Jangan mengkonsumsi kafein dan alkohol. Temukan aktivitas yang membantu Anda menghadapi stres yang lebih baik seperti yoga atau meditasi. Olahraga yang teratur juga bermanfaat.

Mengigau saat tidur biasanya tidak berbahaya dan jarang menunjukkan masalah kesehatan yang serius, tetapi bisa berarti anda perlu untuk tidur lebih banyak dan jangan terlalu stress.

Nah, apakah masih ada yang beranggapan ketika kita mengigau ada sosok-sosok gaib yang sedang datang "berkunjung" ?


Dalam postingan sebelumnya tentang gangguan-gangguan yang terjadi dalam tidur telah saya jelaskan, Ketika manusia sedang tidur, manusia terkadang mengalami gangguan-gangguan yang terjadi dalam tidur mereka. Entah itu mengalami gangguan dalam mimpi dan gangguan-gangguan lainnya. Penyebabnya berbagai macam, ada akibat dari kelelahan, kodisi psikologi yang rentan, akibat trauma masa kecil dan sebagainya.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Parasomnia ,
http://en.wikipedia.org/wiki/Somniloquy ,
http://www.end-your-sleep-deprivation.com/somniloquy.html)



www.lintas-copas.blogspot.com