Sabtu, 20 Oktober 2012

Sejarah Kungfu dan Perkembangannya

1321804176645088338




Kungfu atau gongfu, memiliki makna sesuatu yang di dapatkan atau di peroleh dalam jangka waktu lama dan dengan ketekunan tinggi. Ilmu kungfu banyak di kenal orang berasal dari negeri Tiongkok. Ilmu ini pun lambat laun menyebar ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dimasa yang lalu ilmu kungfu di sebut dengan ilmu kuntao. Selain nama kuntao di sebut juga dengan istilah wushu dan kundao/kuntao.



Ilmu kungfu pada jaman dahulu, di pelajari orang untuk bertahan hidup. Awalnya ilmu kungfu ini berkembang dari kemampuan dan kebutuhan untuk bertahan hidup. Orang berusaha membela diri dari serangan sekelompok manusia lain yang di anggap dapat mengancam keselamatan dirinya pada masa itu.



Ketika ilmu pengetahuan di bidang obat-obatan mulai mengalami perkembangannya, serta perang saudara yang sangat berkepanjangan di Tiongkok kuno kungfu berkembang luas dan mempengaruhi cikal bakal berbagai jenis ilmu bela diri seperti kempo, karate, dan pencak silat.



Ilmu kungfu memiliki aneka macam jenis dan alirannya. Aliran kungfu yang sangat melegenda berasal dari vihara Shaolin [Siaw Liem Sie ], Omei [Emei-Gobi], Kun Lun, Hua San, Thian San, Khongtong dan sebagainya.

Nurulita Rachma Budi Utami


www.lintas-copas.blogspot.com