Sabtu, 20 Oktober 2012

Wali songo apa dan siapa mereka

50356 39857034421_1128276_nPernah anda berpikir siapa walisongo, siapa dan apa mereka ?? saya yakin anda akan berpikir bahwa wali songo adalah orang orang yang sakti penuh karmah. lucu juga ya melihat cerita kayak gini banyak beredar di masyarakat, kenapa lucu karena cerita kayak gini adalah pembodohan. lo kok bisa pembodohan sebabnya kenapa. gini ceritanya jaman belanda cerita ini dibuat agar orang orang indonesia jawa khususnya gak mau belajar jadi pinter dari segi tekhnologi terus mereka suka lelakon, ada yang puasa tujuh hari tujuh malam supaya kebal tembak peluru ada yang puasa mutih, pati geni dsb.




anda pikir wali songo orang sakti sekali lagi anda salah, wali songo adalah sekumpulan orang orang pintar bukan sakti. kenapa walisongo pintar, coba anda analisa berawal dari ampel dimana sunan ampel mendirikan sebuah pesantren disana kemudian beliau mempunya murid sunan kalijogo, sunan kudus, sunan giri, sunan gunung jati dll. sunan ampel adalah seorang ulama sejati yang mewarisi tradisi pendidikan rasulullah dimana beliau tidak hanya mempelajari agama disitu tapi beliau juga mengajarkan kepada murid muridnya tentang tata negara, sosial, ekonomi, perang dll.


setelah sunan ampel mendidik dari murid muridnya beliau merasa perlu mendirikan sebuah pemerintahan dibawah ajaran agama islam, dimana pondasi islam sebagai dasar negaranya. beliau memilih mendirikan pemerintahan di daerah Demak, kenapa dengan Demak. di daerah itu jauh dari majapahit yang nota bene merupakan sebuah kerajaan besar waktu itu, hal ini di liat dari segi geografis tentu tidak memungkinkan mendirikannya di surabaya karena hal itu akan berbahaya bagi mereka. yang kedua diangkatnya raden patah sebagai pemimpin pemerintahan karena beliau menganggap raden patah mempunya ilmu tentang pemerintahan, disamping itu juga kedekatan hubungan keturunan antara raden patah dengan majapahit yang sebagai mana kita ketahui bahwa raden patah mempunyai tali persaudaraan dengan majapahit tentu hal itu akan memudahkan lobi pemerintahan. ketiga dalam susunan pemerintahan kerajaan demak disusunlah departemen departemen yang mengurusi bidang sesuai dengan bidangnya contoh sunan kali jogo dia di berikan tugas sebagai departemen humas karena beliau melihat bahwa sunan kali jogo mempunyai kepandaian bicara dalam masyarakat. adapun kenapa sunan kali jogo disebut kali jogo bukan karena dia bertapa di pinggir kali sebagaimana yang kita dengar dan kita lihat di film. sunan kali jogo sendiri disebut kali jogo karena beliau berdakwah dengan melewati kali (sungai) sebagaimana kita ketahui bahwa dulu demak adalah rawa dan di penuhi banyak anak sungai sehingga dalam melakukan dakwahnya sunan kali jogo sering memakai sungai.


untuk dewan syariah di pilih sunan giri dan dewan dewan lainnya.

seandainya wali songo orang yang sakti tentu mustahil mereka mendirikan sebuah negara, coba anda lihat waktu jaman penjajahan apakah kita meragukan cerita kalau indonesia dulu banyak orang sakti tapi kita tetep aja di jajah. ingat bung dalam mendirikan sebuah negara bukan kesaktian yang diperlukan tapi kepintaran (pake otak jangan otot), sungguh ironis sekali kalau kita tetap saja mewarisi cerita cerita kalau kita harus sakti bukan pintar. sunnatullah ketika benda yang jatuh dari atas adalah ke bawah bukan atas, coba bandingkan ki… bla bla bla (jadi dukun dan bodoh terus dan dukun dukun sapa aja) atau linus trovald yang lebih maju dalam hidup dan membawa kemajuan untuk manusia ??

tidak ada daya dan upaya selain dariNya.

akankah kita terus hidup dalam pembodohan dan sejarah yang tidak masuk akal.


Nb : saya tidak meragukan adanya karamah karena itu tertuang dalam Al Quran tapi saya hanya ingin mengajak pembaca untuk lebih berpikir dengan logika, alangkah indahnya karamah dan kepintaran disatukan.
Clarck Connect



www.lintas-copas.blogspot.com