Jumat, 02 November 2012

Bidadari



Ada lebih dari 5OO gua-gua di daerah Dunhuang. Selain gambar Buddha dan Bodhisattva, Bidadari (Feitian) juga merupakan tokoh penting.






Feitian (Bidadari) berarti makhluk abadi yang terbang di langit, tetapi dalam seni Buddha, itu berarti makhluk abadi yang mempersembahkan musik, tari dan bunga kepada para Buddha dan Bodhisattva. Dalam Buddhisme, Feitian adalah reinkarnasi dari Gandharva dan Tight Luo. Ganharva berarti Dewi nyanyian dan Tight Luo adalah dewa yang memainkan musik. Mereka menjadi bagian dari penjaga Surgawi dalam Buddhisme.




Gandharva bertanggung jawab untuk menyebarkan aroma dan juga membawa bunga dan harta karun. Dia terbang di antara bunga, semak-semak, dan istana; Tight Luo bertanggung jawab untuk musik dan tari, tetapi ia tidak bisa terbang. Gandharva dan Tight Luo kemudian bergabung menjadi satu dan menjadi Feitian.



Karakteristik dari figur Feitian Dunhuang adalah tidak memiliki sayap atau bulu dan mereka mengapung dalam awan, dengan rok terbang dan selendang tari. Gambaran-gambaran itu menampilkan ribuan posisi selalu berubah.



Lukisan Bidadari (Fei Tian) di Goa-Goa Dunhuang



Banyak lukisan tokoh Feitian dalam tahap awal mereka di Gua-gua Dunhuang menghias kuil dan lukisan Jataka sepanjang kepala tokoh utama. Lukisan Feitian selama Dinasti Wei Utara diperluas ke kedua sisi jurang. Figur Feitian yang ramping, proporsional dan anggun, beberapa kondisi terbang mereka adalah sendirian, beberapa dalam kelompok; beberapa terbang ke atas dan beberapa terbang ke bawah, beberapa terbang searah dengan angin dan beberapa melawan angin.





Pada Dinasti Tang, tokoh Feitian Dunhuang membentuk gaya unik mereka sendiri, dan pada saat ini mencapai puncaknya. Empat dinding-dinding gua-gua Dinasti Tang menunjukkan proses perubahan. Buddha menjelaskan Fa; Feitian terbang di udara, beberapa berdiri di awan dan turun perlahan, beberapa dengan kepala lurus dan lengan melambai, beberapa memegang bunga dengan dua tangan, beberapa memegang nampan bunga. Mereka yang berayun menggunakan rok sayap dan selendang tari membuat Feitian terlihat begitu anggun.


    www.lintas-copas.blogspot.com