Jumat, 16 November 2012

Ada Makam Penyanyi Ternama di Lembah Para Raja

Ada Makam Penyanyi Ternama di Lembah Para Raja



Arkeolog dari Mesir dan Swiss berhasil menggali makam berusia 1.100 tahun yang dipercaya merupakan makan penyanyi terkenal di Lembah Para Raja, Mesir. Hal ini cukup tidak wajar mengingat Lembah Para Raja sengaja dibangun untuk makam raja-raja Mesir atau mereka yang berpengaruh di masa Mesir Kuno pada zaman dinasti ke 18 hingga ke 20.

Maka itu, inilah makam perempuan pertama yang tak memiliki hubungan keluarga apa pun dengan semua anggota kerajaan di lembah tersebut. Demikian ujar otoritas senior Kementerian Barang Antik di Luxor, Mesir, Mansour Boraiq.

Penyanyi yang ditemukan itu bernama Nehmes Bastet, yang artinya ia berada dalam lindungan Dewa Bastet. Hal ini bisa disimpulkan dari artefak yang dikumpulkan di kuil yang dipercaya menjadi tempa Nehmes tampil, Kuil Tarnak.

Menurut Boraiq, peti Nehmes masih utuh saat ditemukan. Peti itu sendiri ditemukan secara tidak sengaja. "Kami tidak mencari makam baru, hanya saja letaknya (makan Nehmes) dekat dengan makam lain yang ditemukan 1.000 tahun lalu," kata Direktur lapangan penggalian di Lembah Para Raja, Pauline-Grothe.

Berdasarkan artefak yang ditemukan di dalam, peti itu juga dikatakan dirancang bukan untuk Nehmes. Melainkan peti mati bekas pakai yang pernah digunakan 400 tahun sebelum Nehmes wafat. Peti mati yang digunakan Nehmes aslinya digunakan putri seorang pendeta dari dinasti ke-22.
(Independent UK, Weekly Time).


www.lintas-copas.blogspot.com