Rabu, 28 November 2012

Ahli Berhasil Ciptakan Mutan di Lab

Headline

Para ilmuwan Amerika Serikat mengaku berhasil menciptakan ‘karya’ terbarunya. ‘Karya’ ini dibuat melalui rekayasa makhluk hidup. Ingin tahu?

Para ilmuwan ini berhasil menciptakan berudu dengan mata di bagian belakang tubuh dan ekornya. Para ilmuwan ini berhasil menumbuhkan organ baru di bagian tubuh tempat organ tak biasa ditemui melalui pengubahan sinyal bioelektrik dalam sel.

Ilmuwan mengklaim, temuan terobosan ini mengisyaratkan organ rumit bisa diciptakan untuk keperluan tranplantasi atau terapi regenerative. Tak hanya itu, ilmuwan juga bisa memilih jenis organ yang akan diciptakan dan menentukan lokasi tumbuhnya melalui komunikasi bioelektrik antar sel hewan.

“Hipotesanya, tiap struktur tubuh memiliki voltase membran tertentu yang mendorong organogenesis atau penciptaan organ baru,” ungkap pemimpin studi Dr Vaibhav Pai. Menurut Profesor Michael Levin, pendekatan ini bisa digunakan mendeteksi dan memperbaiki cacat lahir yang mempengaruhi sistem visual.

“Di masa depan, kami akan mengembangkan aplikasi baru untuk biolistrik molecular pada regenerasi anggota tubuh, penyembuhan otak dan biologi buatan,” tutupnya seperti dikutip DM.



www.lintas-copas.blogspot.com