Rabu, 07 November 2012

Balai Arkeologi Yogyakarta Petakan Zonasi Situs Patiayam


KOMPAS/ALBERTUS HENDRIYO WIDI ISMANTO

Tim Balai Arkeologi Yogyakarta, Selasa (7/2/2012), kembali memetakan situs Patiayam di Jekulo, Kudus, untuk menentukan zonasi manusia dan hewan purba itu.
Balai Arkeologi Yogyakarta memetakan lagi situs Patiayam yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pemetaan itu bertujuan untuk menentukan zonasi situs manusia dan hewan purba itu.

Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Siswanto, Selasa (7/2/2012), di Kudus, mengatakan, pemetaan itu menyangkut penentuan zona inti, penyangga, dan pengembangan situs Patiayam. Hal itu dilakukan menyusul meluasnya areal temuan fosil baru di sejumlah titik.

”Kami akan meneliti formasi tanah dan bebatuan di sejumlah titik untuk membuat peta baru situs Patiayam. Kegiatan kami lakukan 8-10 hari,” kata dia.

Selain itu, Siswanto menambahkan, tim juga akan mencari lagi fosil-fosil baru dan meneliti budaya situs Patiayam. Penelitian budaya penting karena menyangkut temuan fosil manusia purba Homo Erectus dan alat batu beberapa waktu lalu.

”Setelah selesai, kami akan membuat rekomendasi untuk pemerintah, terutama menyangkut zonasi terbaru situs Patiayam yang luasnya 20 kilometer persegi,” kata Siswanto.
Kompas

www.lintas-copas.blogspot.com