Selasa, 13 November 2012

Benda Purbakala Ditemukan di Dompu


K9-11
Ilustrasi: Uang kuno

Benda purbakala yang diperkirakan beruisia 2.500 tahun Sebelum Masehi ditemukan di Doro Kabotoi, Desa Daha, Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Dompu Sayuti Melik MSi yang dihubungi dari Mataram, Rabu mengatakan, benda purbakala itu ditemukan secara tidak sengaja oleh Sofran, warga Desa Daha pada 28 Desember 2011.

Benda-benda purbakala yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu antara lain berupa kuburan kuno, batu nisan ukir, tombak 15 buah dan cincin 12 buah.

Selain itu ada patahan gelang, permata berwarna merah, uang kuno berlobang lesung dan kursi batu.

Benda purbakala itu ditemukan pada kedalaman dua meter ketika Sofran melakukan penggalian secara tidak sengaja di lokasi tersebut setelah bermimpi berturut-turut tiga kali. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Dinas Budpar Dompu.

"Saya berterima kasih atas kesadaran warga yang melaporkan penemuan benda bersejarah bernilai tinggi itu," katanya didampingi Staf Humas Pemkab Dompu H Agus Suryanto.

Menurut dia, lokasi penemuan benda purbakala itu sekitar dua kilometer dari kompleks situs Nangasia yang berada tidak jauh dari obyek wisata Pantai Lakey, Kecamatan Huu.

Sayuti mengaku setelah mendapat laporan tentang penemuan benda purbakala itu pihaknya meninjau ke lapangan untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

"Saya bersama Staf Humas Pemkab Dompu sudah meninjau ke lapangan dan kami minta masyarakat sekitarnya untuk tidak melakukan penggalian di sekitar lokasi tersebut," ujarnya.

Untuk mengamankan lokasi penemuan benda purbakala itu, kata Sayuti, pihaknya meminta bantaun warga sekitarnya untuk memasang pagar di lokasi tersebut.

Ia menduga ada benang merah antara penemuan benda purbakala itu dengan situs Dorosai di Doro Nanga berupa bekas Kerajaan Daha di Dompu.

Sayuti mengaku telah melaporkan mengeni penemuan benda itu ke Balai Arkeologi Denpasar yang mewilayahi Provinsi Bali, NTT dan NTB.

"Untuk memastikan berapa usia benda purbakala di Doro Kabotoi itu kami tunggu hasil penelitian dari Balai Arkeologi Denpasar, Bali," ujarnya.

ANT


www.lintas-copas.blogspot.com