Kamis, 29 November 2012

Budayawan Bogor Sarasehan di Situs Megalitik

ANTONY LEE

Situs megalitik Cibalai di wilayah Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Situs yang diperkirakan berasal dari masa 4.000 tahun lalu itu berada di kaki Gunung Salak. Sejumlah budayawan Bogor dan aparatur Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar sarasehan budaya di Situs Megalitik di Cibalai, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/1/2012).

Sarasehan itu untuk membicarakan masa depan situs megalitik itu. Situs yang diperkirakan berasal dari masa 4.000 tahun lalu itu berada di kaki Gunung Salak.

Pengunjung harus berjalan menuju kawasan itu sekitar dua kilometer dari tepi jalan beraspal. Jalan masuk masih buruk dengan pecahan batu dan tanah. Akibatnya, jika musim hujan sukar menggunakan kendaraan menuju kawasan ini, termasuk menggunakan sepeda motor.

"Areanya sekitar satu hektar dengan fungsi pemujaan kepada leluhur di masa lalu. Ini situs yang penting," tutur Hendra M Atsari, Koordinator Komunitas Napak Tilas yang juga mengikuti sarasehan.

Selain itu, juga ada budayawan Eman Sulaeman, Inotji Hajatullah, serta Wakil Bupati Bogor Karyawan Fathurahman, serta penduduk setempat.



www.lintas-copas.blogspot.com