Selasa, 20 November 2012

Dinosaurus Ternyata Pernah Menghuni Antartika

Headline
Dinosaurus ternyata dulu pernah tinggal di benua antartika, sebagaimana ilmuwan baru menemukan bukti terbaru keberadaan hewan di benua es tersebut.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, para ilmuwan di antartika telah menemukan sebuah fosil ekor panjang milik Titanosaurus, salah satu anggota dari dinosaurus bertubuh panjang.

Titanosaurus adalah jenis sauropoda; yakni dinosaurus pemakan tumbuhan berleher serta berekor panjang. Spesies ini sudah banyak ditemukan di benua lain, namun ini adalah kali pertama ditemukan di antartika.

Fosil tersebut ditemukan oleh pulau James Ross Island, salah satu pulau di benua antartika. Para ilmuwan mengidentifikasi fosil tersebut milik Lithostrotian Titanosaurus dari jaman Cretaceous akhir, sekira 70 juta tahun yang lalu; era ketika benua tersebut masih kaya akan tanaman.

"Penemuan kami ini mengindikasikan bahwa Titanosaurus perkembangannya telah sampai ke seluruh dunia, pada jaman Cretaceous akhir," ujar Dr. Ignacio Alejandro Cerda, dari institut Conicet, Argentina, yang ditulis dalam jurnal Jerman, Naturwissenschaften.



www.lintas-copas.blogspot.com