Kamis, 22 November 2012

Sedekah Dalam Tradisi Yahudi

Sedekah kata yang tidak asing bagi muslim. Berasal dari kata arab shadaqah yang berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti ‘kebenaran’/truthfulness ">

sunlight.on.tzedakah


Dalam praktiknya kebanyakan orang yahudi menyumbangkan sebagian dari pendapatan mereka ke lembaga-lembaga amal. Kewajiban memberikan 10% dari pendapatan mereka disebut ma’aser kesafim /tithe / persepuluhan (semacam zakat dalam islam yang berjumlah 2.5 % dari kekayaan). Selain itu juga ada terumah (persembahan untuk pendeta) dan ma’asher rishon (zakat panen 10%untuk produk anggur, minyak zaitun, buah-buahan dan ternak).






Tzedakah biasanya dilakukan oleh setiap pengantin untuk menyimbolkan kesakralan ikatan perkawinan. Pada Passover/pesach salah satu hari raya yahudi disarankan untuk mengundang orang asing yang kelaparan ke meja perjamuan, pada Purim diwajibkan untuk memberi uang makan kepada dua orang yang membutuhkan dengan tujuan untuk meningkatkan kebahagiaan di bulan itu.






Memberikan tzedakah harus hati-hati dan disalurkan pada organisasi yang bertanggungjawab untuk memastikan uang tzedakah digunakan secara bijaksana, efisien dan efektif.






Demikian tulisan ini dibuat untuk membagi pengetahuan terutama bagi muslim di Indonesia


http://islamiccenter.kau.edu.sa/english/Publications/Qardawi/The%20Words%20Zakah&Sadaqah.pdf


mita



www.lintas-copas.blogspot.com