Selasa, 06 November 2012

Tulis Sajalah!

Kagum saya oleh mereka, orang-orang seperti Victor Frankl, Bung Karno dan tak lupa Buya Hamka. Victor Frankl adalah seorang penulis Yahudi yang ditahan Nazi pada zaman peperangan dulu, ia bersama ratusan orang lainnya ditahan di sebuah kamp konsentrasi. Siksaan yang dialaminya tak menghentikannya untuk produktif menulis dengan maksud agar tetap menemukan semangat hidup dalam aktifitas menulisnya itu. Dan tulisannya kini telah menginspirasi ribuan orang, tulisan itu diberi judul “Man Search For Meaning”. Bung Karno, siapa yang meragukan perjuangan beliau. Kegetiran penjajah terhadap sepak terjang beliau tergambar dari tindakan mereka memenjarakan Bung Karno. Namun semangat perjuangan beliau tercermin dari produktifitas menulis beliau semasa masa tahanan yang kita kenal lewat hasil tulisannya berjudul “Indonesia Menggugat.

Buya Hamka, Ya Allah Rahmatillah beliau, keberaniannya menghadapi pemerintahan dzalim menyebabkan beliau harus mendekam di penjara dalam waktu yang lama. Namun dalam waktu yang lama itu pulalah Buya Hamka melahirkan karya yang kemudian menginspirasi umat untuk hidup lebih baik, karya itu berjudul “Tafsir Al-Azhar”.

Luar biasa yang dilakukan orang-orang tersebut, tetap berkarya dalam keadaan yang tidak ideal dan dalam keadaan sangat tidak nyaman dalam pandangan orang lain dan karya nya tersebut menginspirasi banyak orang untuk hidup lebih baik. Saya sulit mengikuti jejak-jejak langkah beliau,seperti beberapa waktu yang lalu ketika saya mendapatkan evaluasi kerja yang kurang memuaskan dan kenaikan gaji yang minim dari HRD betapa sulitnya menulis walau hanya sekedar menumpahkan uneg-uneg.

Dan saat saya selesaikan tulisan ini, saya baru keluar 5 jam dari pintu HRD.

Adhi Dwinata



www.lintas-copas.blogspot.com