Sabtu, 10 November 2012

UI Siap Dukung Penelitian Piramida


Situs yang ditemukan di Gunung Padang, Cianjur (Muhamad Solihin)

Manusia pada masa lampau memiliki kecerdasan dan cara berpikir yang logis pula.
Universitas Indonesia mendukung penelitian piramida yang dilakukan di tiga gunung, yakni Padang, Lalakon, dan Sadahurip. Terakhir, penelitian terpusat di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.


“Kami mendukung penelitian ini. Peradaban itu bisa dilihat dari berbagai aspek, termasuk dari aspek budaya,” kata Ketua Departemen Kewilayahan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Irmayanti Meliono di sela pertemuan International Conference on Indonesia Studies yang digelar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis 9 Februari 2012.


Terakhir, sejumlah peneliti dari Tim Bencana Katastropik Purba meneliti situs yang ada di puncak Gunung Padang di Desa Karyamukti. Situs ini ternyata merupakan kompleks bangunan yang memiliki struktur mengagumkan.



Irmayanti mengatakan seharusnya orang Indonesia lah yang menemukan situs bersejarah itu. Namun ia mengakui peneliti Indonesia saat ini lebih banyak yang juga berstatus pengajar.

“Jadi ada porsi yang terbelah,” tuturnya. Ia tak lugas memercayai jika penemuan itu merupakan piramida. Namun, ia memercayai jika manusia pada masa lampau memiliki kecerdasan dan cara berpikir yang logis pula.

“Itu yang saya percayai. Sebut saja misalnya Candi Borobudur. Tapi kalau penemuan piramida di Garut itu kita tunggu saja hasil penelitiannya,” ajak dia.



www.lintas-copas.blogspot.com