Kamis, 06 Desember 2012

Badai Matahari Ancam Gangguan Komunikasi


Badai Matahari (BBC)

Badai matahari tersebut diperkirakan akan menuju ke bumi pada hari ini atau besok.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan badai matahari yang terjadi hanya akan berdampak pada operasional satelit dan jaringan radio. Badai matahari, menurut Thomas, tidak akan sampai ke permukaan bumi.

Badai matahari tersebut diperkirakan akan menuju ke bumi pada hari ini atau besok.

"Tapi tidak akan sampai jatuh ke sini. Karena bumi dilindungi oleh medan magnet bumi, jadi tak perlu khawatir. Kita juga dilindungi oleh ionosfer," ujar Djamaluddin kepada VIVAnews, Selasa, 6 Maret 2012.

Badai tersebut, lanjutnya, secara umum hanya akan berdampak pada operasional satelit dan radio, dan tidak akan berdampak pada radiasi pada wilayah bumi. "Tapi operator satelit sudah mengantisipasi, mereka sudah punya prosedur," tambahnya.

Jika operasional satelit tidak terdampak oleh badai tersebut, jaringan komunikasi dan radio akan berjalan normal.

Ia menambahkan bahwa kapan pastinya badai tersebut sampai ke atmosfer bumi belum dapat dipastikan. Pihaknya saat ini terus memantau perkembangan kecepatan matahari.

Thomas Djamaluddin menggambarkan badai matahari merupakan akibat dari ledakan di permukaan matahari yang menimbulkan lontaran pada korona matahari. (adi)

viva

www.lintas-copas.blogspot.com