Jumat, 21 Desember 2012

Cara Instan Bangkitkan Percaya Diri

Apa yang dirasakan ketika pertama kali diberitahu, Anda mendapat promosi, namun divisi baru itu ternyata diawaki karyawan yang mayoritas pria, dan lebih tua dari Anda? Gugup? Bingung? Tak percaya diri?

Meski emansipasi wanita sudah bergaung di bumi pertiwi, dan sebagian kaum adam telah dapat menerima kesetaraan gender, tapi karena pengaruh feodalisme dan budaya ketimuran, banyak pria Indonesia yang masih memandang wanita dengan sebelah mata. Maka itu, tak mengherankan bila masih banyak wanita yang tak percaya diri saat berada di posisi yang sejajar atau di atas pria.

Tapi, bukan berarti Anda diam saja saat rasa tidak percaya diri itu muncul. Inilah tips agar Anda memiliki rasa percaya diri dan menjadi pemimpin wanita yang andal.

1. Tunjukan kualitas
Seorang pemimpin harus dapat mengendalikan dan mengarahkan anak buahnya sesuai target yang diinginkan perusahaan. Lakukan itu dengan baik. Buktikan bahwa Anda adalah pemimpin baik, dan anak buah tidak dapat ‘main-main’ dengan Anda.

2. Miliki karisma
Pemimpin baik adalah pemimpin yang disegani, bukan ditakuti. Karena, dengan menjadi figur yang disegani, pemimpin akan dihormati dan diteladani. Maka jadikan diri Anda berkarisma. Caranya, jadilah pemimpin yang perhatian pada anak buah, selalu dapat menemukan jalan keluar atas masalah yang dihadapi dalam mencapai target, memiliki integritas, dan lebih mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.

3. Jaga kesehatan
Seseorang dapat memiliki performa baik, jika kondisinya fit. Maka jaga kesehatan Anda dengan menjalani hidup sehat, seperti berolahraga dan mengonsumsi suplemen bervitamin, serta hindari gaya hidup yang membuat Anda tidak segar ketika berhadapan dengan anak buah.

4. Perhatikan penampilan
Apa yang nampak pada diri Anda, mencerminkan siapa Anda. Maka berpenampilanlah dengan baik agar Anda dipuji, bukan digunjing karena berpenampilan yang tak enak dipandang. Tak ada salahnya mengikuti mode. Tapi hati-hati, jangan menjadi korban mode. Karenanya, kenakan pakaian yang cocok untuk postur tubuh, warna kulit, dan kepribadian Anda.
vivanews.com

www.lintas-copas.blogspot.com