Senin, 24 Desember 2012

Hantaman Asteroid Raksasa Punahkan Medan Magnet Mars

alt


Empat miliar tahun lalu, Mars memiliki medan magnet, seperti Bumi - namun sesuatu yang mematikan, menghantam planet itu hingga benar-benar tandus terkena radiasi Matahari.






Kini para ilmuwan telah mendeteksi kemungkinan penyebabnya – yaitu akibat hantaman asteroid raksasa yang mengakibatkan terbentuknya kawah sedalam tinggi Mount Everest.



Satu hantaman tunggal asteroid raksasa dan empat asteroid seluas 1500-mil lainnya, memiliki efek bencana pada batuan panas di bawah permukaan Mars – telah menghancurkan medan magnet planet ini untuk selamanya.



Lembah Hellas seluas 1.300 mil dengan kedalaman 6 mil, yang dikelilingi lapisan puing tebal diciptakan akibat hantaman asteroid.




James Roberts dari Universitas Johns Hopkins telah menciptakan model komputer efek termal dari hantaman maha dahsyat - dan menemukan bahwa satu asteroid yang menyebabkan ‘reaksi’ kehancuran hanya dapat dipulihkan dalam waktu 100 juta tahun.



Namun asteroid-asteroid itu menghantam lebih cepat dari benda tersebut - dengan bebatuan seluas 1500-mil menghantam Mars setiap 25 juta tahun.



Hantaman maha dahsyat silih berganti telah mengakibatkan perubahan di Mars di mana Planet Merah itu tidak dapat dipulihkan kembali.



alt




"Kami menemukan bahwa hantaman-hantaman maha dahsyat itu telah membentuk lima lembah terbesar yang mengakibatkan efek pada lapisan-lapisan dinamis. Satu hantaman seukuran ini dapat mengubah medan arus seluruh mantel. Hantaman dahsyat seperti itu meningkatkan pembentukan aliran di bawah situs hantaman, " ujar para peneliti.

Aliran arus batu panas ke permukaan, melemparkan 'dinamo' berkekuatan medan magnet rusak.
"Interval antara hantaman-hantaman terkuat (sekitar 25 juta tahun) lebih pendek dari waktu pemulihan awal untuk satu hantaman tunggal (sekitar 100 juta tahun)," ujar Roberts.“Oleh karena itu, perubahan pola konvektif akibat masing-masing hantaman asteroid membuat sebuah perubahan jangka panjang dalam aliran panas global.”

Rob Waugh /DM/sua)



www.lintas-copas.blogspot.com