Jumat, 21 Desember 2012

Keunikan dari Kedua Kutub Bumi (Arctic dan Antarctic)



Seperti yang telah kita ketahui, di dunia ini ada dua daerah kutub. Kutub Utara (Arctic) dan Kutub Selatan (Antarctic). Kedua kutub ini tentunya merupakan daerah yang bersuhu dingin karena sebagian besar wilayahnya terus di lapisi oleh es. Tapi apakah dua kutub tersebut sama dinginnya? Kalau tidak sama, kutub manakah yang lebih dingin? Apakah yang menyebabkannya dan apa konsekwensinya?

Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:


1. Sedikit Geografi


Perputaran bumi pada porosnya (rotasi) menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam. Peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi) menyebabkan terjadinya pertukaran hari, bulan dan tahun. Lalu apakah yang menyebabkan terjadinya perbedaan musim di dunia, seperti musim panas (sumer), musim gugur (autum), musim dingin (winter) dan musim semi (spring)?


Bumi beredar mengelilingi matahari tidak dengan posisi tegak lurus di porosnya, melainkan dengan sudut kemiringan (tilt) sebanyak 23,5 .




Kemiringan poros bumi pada waktu mengelilingi matahari


(Ket: warna gelap, daerah yang tidak terkena curahan matahari warna terang, daerah yang terkena curahan matahari)


Kemiringan tersebut mempengaruhi curah matahari yang diterima dibagian bumi selain daerah ekuator (katulistiwa), sehingga dibelahan bumi lainnya mengalami pergantian musim!! Hanya di daerah katulistiwa siang dan malam terbagi rata (12 jam).


Kemiringan yang “hanya” 23,5 ini sangat MENENTUKAN bagi kehidupan mahluk di dalamnya. Tanpa adanya kemiringan, daerah kutub akan gelap dan dingin sepanjang tahun!! Dan bila sudut kemiringan lebih dari nilai tersebut, maka akan tercipta musim yang ekstrem di bumi, seperti contohnya di planet Uranus, dimana musim dingin berlangsung hingga 42 tahun lamanya!!


2. Kehidupan di daerah Kutub

Udara yang dingin, kering dan sedikit berawan merupakan ciri khas cuaca di daerah kutub. Sepanjang tahuh di daerah kutub, matahari akan terbit dan terbenam HANYA satu kali. Sehingga di daerah ini, musim panas dan musim dingin berlangsung masing-masing HINGGA ENAM BULAN lamanya. Musim dinginnya disebut polar night, ini merupakan hari-hari yang dingin dan GELAP tanpa adanya sinar matahari LANGSUNG!!


Polar night di kutub utara



Di musim panas, matahari bersinar 24 jam selama enam bulan penuh, tapi inipun matahari muncul hanya MAKSIMAL 23,5 diatas horison, sehingga cahaya matahari tidak dapat menyinari permukaan secara penuh.


Selain itu es dan salju akan memantukan sinar matahari kembali ke luar angkasa lebih dari 85% , maka tidaklah heran jika MUSIM PANAS pun tetap terasa dingin di daerah kutub!! Ini dikenal dengan nama polar day atau midnight sun.



Polar day atau Midnight Sun


Artik (Arctic)


Lautan dan daratan yang mengelilingi kutub utara (north pole) disebut dengan nama Artik. Termasuk dalam daratan adalah Alaska (USA), Greenland (Denmark), Kanada, Siberia (Rusia). Selebihnya adalah lautan yang permukaannya membeku, yang luasnya bisa mencapai 1600 km. Suhu rata-ratanya adalah minus 18 C.



Antartik (Antarctic)

Kutub selatan terletak di Antartik, yang merupakan daerah DARATAN (kontinen) yang bergunung dengan luas 13,5 km². Selitar 98% nya tertutup dengan es, yang tebalnya rata-rata 2,3 km. Antartik dikelilingi lautan. Angin di antartik bertiup kencang, hingga pernah mencapai kecepatan 300 km/jam. Suhu rata-ratanya adalah minus 50 C.



Dari data suhu diatas dapat disimpulkan bahwa kutub selatan lebih dingin daripada kutub utara. Untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan perbedaan tersebut, dapat dibaca lebih lanjut.


3. Perbedaan kutub utara dan kutub selatan

Kutub utara dan kutub selatan saling berkontradiksi. Jika musim dingin sedang berlangsung di kutub utara, maka di kutub selatan berlangsung musim panas. Di kutub utara tempat berpijak berupa permukaan lautan yang membeku, dan hanya memiliki lapisan es setebal tiga meter. Sedangkan untuk mencapai kutub selatan harus mendaki gunung es terlebih dahulu setinggi 4500 meter.



Amundsen und Scott (Stasiun penelitian Amerika)


4. Apa yang menyebabkan kutub selatan lebih dingin??

Yang menyebabkan kutub selatan lebih dingin adalah banyaknya gunung es disana. Gunung es ini yang menyebabkan perbedaan!! Dengan bertambahnya ketinggian, maka suhu udara akan berkurang, sehingga hal ini menyebabkan kutub selatan lebih dingin dibandingkan dengan kutub utara!! Kutub selatan akan 30 C sampai 40 C lebih dingin!!



Jika suhu di kutub utara sudah cukup dingin, hingga mencapai minus 50 C di musim dingin, maka dikutub selatan akan mencapai angka yang lebih dingin lagi yaitu minus 82 C!! Di musim panas suhu di kutub utara bisa mencapai 0 C, sedangkan di kutub selatan hanya berkisar antara minus 15 C hingga minus 40 C.


6. Konsekwensi perbedaan

* Manusia

Di daerah Artik hidup dan menetap sekitar 2 juta orang, seperti suku inuit.





Sedangkan di Antartik, dikarenakan kehidupan alamnya yang lebih ekstrem, maka tidak terdapat suku asli, daerah ini hanya didatangi 1000 sampai 4000 orang untuk jangka waktu tertentu, yang kebanyakan adalah ilmuwan dan pekerja stasiun penelitian. Tentunya mereka dapat tinggal karena bantuan kemajuan teknologi.


* Flora dan Fauna

Di daerah artik terdapat sekitar 1000 jenis tumbuhan (Spermatophyta), tapi di daerah Antartika hanya terdapat DUA jenis tumbuhan (Spermatophyta)!! Selebihnya adalah ganggang, jamur dan lumut. Berikut dua jenis tumbuhan yang hidup di Antartika:


Colobanthus quitensis


Deschampsia antarctica, sejenis rumput


Daerah Antartika karena letaknya yang terisolasi sedemikian rupa (dikelilingi lautan), sehingga sulit untuk dijajaki oleh hewan dari luar. Karena itu ada beberapa jenis hewan yang hanya terdapat di daerah ini. Beberapa hewan dari luar daerah, seperti rusa dibawa ke daerah ini oleh para pemburu ikan paus.



Untuk dapat hidup di daerah yang dingin, umumnya hewan tersebut memiliki bentuk yang lebih besar, seperti:


Emperor Penguin yang merupakan jenis pinguin terbesar.Jenis pinguin ini hanya terdapat di Antartika.



Ikan paus biru (Balaenoptera musculus)



Anjing laut (Hydrurga leptonyx)



Albatros (Diomedea exulans)




* Kesalahpahaman banyak orang

Banyak orang yang mengira bahwa pinguin dan beruang es (ice bear) hidup dalam satu habitat (ruang hidup). Pemahaman ini adalah salah. Beruang es dan pinguin hidup terpisah. Beruang es hidup di kutub utara, sedangkan pinguin di kutub selatan. Pinguin merupakan hewan asli penghuni kutub selatan, tepatnya di kepulauan Galapagos (terdapat daerah selatan). Tidak semua jenis pinguin lebih mengutamakan habitat yang dingin, banyak juga pinguin yang hidup didaerah ekuator.


Ada dua teori yang menerangkan kenapa pinguin hanya hidup di kutub selatan (Antartika):


1. Teori evolusi yang bertahun-tahun, sehingga pinguin lebih dapat beradaptasi (cara berkembang biak, sumber makanan, dll) dengan lingkungan yang ekstem di kutub selatan, dibandingkan dengan tempat lainnya.


2. Teori, yang mengatakan bahwa pada mulanya di kutub utara pun terdapat pinguin, tapi seluruh populasi pinguin tersebut habis di makan oleh beruang es.


Jadi, hanya di kebun binatang saja keduanya dapat dipertemukan.


****


Demikianlah sedikit gambaran tentang kondisi di kedua kutub bumi ini, dimana keduanya memiliki kesamaan dan juga banyak perbedaan. Tentunya nilai persamaan dan perbedaan itu tidak lepas dari perannya sendiri bagi keseimbangan dunia ini. Sehingga sebagai manusia yang memiliki akal, pikiran dan rasa, baiklah kita tetap menjaga kelestariannya, agar tetap bisa menjaga keberlangsungan kehidupan peradaban kita ini.

Mashudi Antoro



www.lintas-copas.blogspot.com