Senin, 24 Desember 2012

Lubang Hitam Ciptakan Angin Tercepat

Headline

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa lubang hitam ternyata mampu ciptakan angin tercepat. Seperti apa?

Lubang hitam mungkin memang tak terlihat, namun para pengamat bisa mengetahuinya dengan melihat pada efek gravitasinya yang luar biasa, melalui sejumlah objek angkasa yang tertarik ke dalamnya.

Daya tarik gravitasi lubang hitam yang luar biasa tersebut kadang-kadang mampu menarik gas dari sejumlah bintang terdekat, yang dapat terkumpul dalam putaran di dalam lubang hitam. Nah, perputaran itulah yang dapat menghembuskan angin tercepat ke luar angkasa.

Kasus itulah yang terjadi pada sebuah lubang hitam bernama IGR J17091. Angin yang dihembuskan oleh perputaran di lubang hitam tersebut tercatat merupakan angin tercepat di jagat raya.

"Kasus ini perbandingannya mungkin seperti angin topan kategori lima untuk ukuran kosmik. Kami juga tak berharap menemukan hal ini di IGR J17091," ujar Ashley King, pimpinan penulis dari penelitian IGR JI7091.

Penelitian ini dilakukan oleh pihak astronom University of Michigan, dengan menggunakan Observatory Chandra X-Ray, dan diterbitkan di The Astrophysical Journal Letters, edisi 20 Februari.

Seperti yang dikutip dari Mashable, angin dar IGR J17091 diperkirakan secepat atau 3% dari kecepatan cahaya. Kecepatan itu melebihi 10 kali angin lubang hitam yang sebelumnya pernah dicatat.

Sementara IGR J17091 merupakan lubang hitam 'kelas bulu'. Bagaimana dengan angin yang ditimbulkan oleh lubang hitam 'kelas berat'?

Mashable



www.lintas-copas.blogspot.com