Jumat, 14 Desember 2012

Nexus S, Ponsel Android 2.3 ala Google

Sesuai kabar yang beredar akhir Oktober silam, Google menggandeng Samsung untuk smartphone terbarunya. Namun, tebakannya meleset. Nama smartphone tersebut bukan Google Nexus Two, melainkan Google Nexus S.
Sebelumnya, telah diketahui jika suksesor Google Nexus One ini akan ditenagai Android versi 2.3 (Gingerbread) sebagai sistem operasinya. Dan, seperti yang diduga, Google Nexus S muncul sebagai buah kerja sama antara Samsung dan Google, di mana Samsung hanya fokus pada piranti keras dan Google mengambil alih sega piranti lunak.

Samsung Electronics bersama Google baru saja mengumumkan kehadiran Nexus S, perangkat pertama di dunia untuk fitur terbaru versi Google dengan program Android.

"Samsung dan Google telah bekerja sama dengan baik untuk melahirkan sebuah pengalaman ponsel pintar Android yang terbaru," kata JK Shin, Presiden dan Kepala Mobile Communications Business di Samsung Electronics, dalam keterangan resminya, Senin 13 Desember 2010.

"Hal ini telah menjadi ambisi kami dalam bekerja dengan Google untuk terus mendorong program Android lebih maju. Nexus S mengintegrasikan perangkat keras terbaik Samsung di kelasnya dan teknologi terbaru dari Google dengan upgrade Android 2.3 Gingerbread," tandasnya.

Nexus S hadir dengan Super AMOLED, di mana teknologi layar sentuh capacitive 16 juta warna mampu memberikan pengalaman menonton yang premium. Layar sebesar 4 inci sengaja didesain melengkung supaya lebih ergonomis dan bisa dirasakan saat dipegang oleh pengguna.

Hal menarik lainnya, Nexus S juga dilengkapi oleh fitur Near Field Communication (NFC), yakni teknologi yang memungkinkan Anda untuk membaca informasi dari benda sehari-hari seperti stiker dan poster yang tertanam dengan chip NFC.

Menilik jeroannya, Nexus S ditenagai prosesor aplikasi Samsung 1 GHz. Ia juga dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel di sisi belakang lengkap dengan camcorder, serta kamera VGA yang menghadap ke depan untuk fitur video call.

Sensor giroskop pada Nexus S cukup berguna saat pengguna bermain games ke kiri dan ke kanan, atas dan bawah. Kinerjanya menyerupai sensor accelerometer. Android 2.3 (Gingerbread) menjadi primadonanya, karena versi ini adalah versi tercepat Android sampai saat ini.

Nexus S juga mencakup sejumlah fitur Android, seperti portable hotspot Wi-Fi, multitasking, akses ke layanan Google mobile seperti Google Search™, Gmail™, Google Maps™ dengan navigasi, Voice Actions, Google Voice™ dan YouTube™, dan akses untuk lebih dari 100.000 aplikasi dan widget di Android Market™. 

Berikut spesifikasi dan fitur Google Nexus S:
Dimensi dan berat    12,4 x 6,3 x 1 cm
129gram
Layar   Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran layar    4 inci, 480 x 800 piksel
- Oleophobic surface
- Contour Display with curved glass screen
- Multi-touch input method
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Touch-sensitive controls
- Proximity sensor for auto turn-off
- Three-axis gyro sensor

Memori    512MB (RAM)
16GB (storage internal)
Konektivitas    3G HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5,76 Mbps
Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA
Bluetooth v2.1
microUSB v2.0
Kamera    5 MP, 2560 x 1920 piksel, auto focus, flash LED
Video    Ada, WVGA@30fps
OS    Android OS 2.3 (Gingerbread)
CPU    ARM Cortex A8 1GHz processor
Radio    Tidak ada
Browser    HTML
GPS    Ada, A-GPS
Fitur    Java (via pihak ketiga)
- Social networking integration
- Digital compass
- MP4/DivX/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
- Organizer
- Image/video editor
- Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
- Flash Player v10.1
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input
- Near Field Communications

Baterai    Li-ion 1500 mAh
Hingga 428 jam (standby)
Hingga 6 jam 40 menit (waktu bicara)
Harga    Rp7,5-8 juta (kisaran)

vivanews.com 


www.lintas-copas.blogspot.com