Sabtu, 01 Desember 2012

Punya Masalah? Tidur Saja Dulu

LONDON - Tidur ketika sedang menghadapi masalah mungkin adalah cara terbaik untuk menyelesaikannya. Setidaknya demikian kesimpulan berdasarkan temuan dari para peneliti.

Dengan mengalihkan diri anda beberapa menit untuk sesuatu yang lain atau menunda masalah sampai hari esok ternyata dapat membantu otak untuk menemukan solusi yang tepat. Demikian temuan sebuah studi yang dikutip dari Telegraph, Senin (2/11/2010).

Pada sebuah tes, para pelajar diminta untuk memilih empat model khayalan dari sebuah mobil. Masing-masing memiliki 12 fitur yang berbeda tapi dua memiliki tingkat efisiensi bensin yang lebih baik. Setelah membaca tentang masing-masing mobil tersebut, grup pertama dari pelajar tersebut diminta untuk membuat sebuah pilihan instan.

Sementara itu, grup kedua menjalani tes kedua yang dirancang untuk mengalihkan pikiran mereka selama lima menit sebelum mereka membuat keputusan. Hasil tes ini menunjukkan bahwa para sukarelawan 'pemikir yang tidak sadar' di grup kedua lebih bisa memilih mobil terbaik.

Para ahli di Belanda percaya bahwa ini dikarenakan pikiran mereka yang tidak sadar telah diberikan waktu untuk mempertimbangkan sebab dan akibat suatu tindakan. Metode ini juga bekerja pada seseorang yang menghadapi dilema mengenai masalah keuangan besar, contohnya seperti untuk membeli sebuah rumah.

Psikolog Maarten Bos, yang memimpin penelitian ini di Radboud University, mengatakan bahwa uji coba membuktikan dengan melupakan sebuah keputusan kadang menghasilkan hasil yang terbaik, terutama jika melibatkan isu-isu yang rumit.

Responden dalam uji coba tersebut, yang melakukan tindakan terbaik adalah mereka yang pikirannya telah dialihkan sebelumnya dan karena itulah mereka bisa melakukan 'pemikiran yang tidak disengaja'.

"Pemikiran yang tidak sadar menghasilkan keputusan yang lebih baik daripada mereka yang melakukan keputusan secara terburu-buru. Meskipun dalam uji coba terbaru kita para partisipan tidak tidur sepenuhnya dalam mengambil keputusan, tapi hasil tes sepertinya sudah jelas," ujar Bos

"Ketika kakek/nenek anda menyarankan untuk tidur sebelum mengambil sebuah keputusan, mereka mungkin tahu keuntungan dari membiarkan seseorang istirahat sehingga ketika bangun, pikiran sudah segar kembali untuk mengambil keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kalau kakek-nenek kita itu benar," tambah Bos.


www.lintas-copas.blogspot.com