Senin, 10 Desember 2012

Relief Gajah di Planet Mars


NASA

"Relief Gajah" di Planet Mars


Ada relief gajah di Planet Mars. Bukan relief sebenarnya, melainkan hasil bentukan aliran lava yang mengering dan akhirnya membentuk gambaran serupa gajah dan gadingnya. Citra itu didapatkan dari hasil pengamatan instrumen High Resolution Imaging Science Experiment (HiRiSE) yang terdapat pada wahana Mars Reconaissance Orbitter.

"Ini adalah contoh bagus dari fenomena pareidolia, di mana kita melihat sesuatu (seperti hewan) yang sebenarnya tidak ada," kata Alfred McEwen, geolog dari University of Arizona.

Relief gajah tersebut menunjukkan area di planet merah yang disebut Elysium Planitia. Daerah ini, sesuai publikasi SPACE.com, Senin (9/4/2012), merupakan daerah aliran lava yang paling muda di Mars. Sampai saat ini, ilmuwan belum memahami bagaimana lava bisa didepositkan di permukaan Mars, apakah berlangsung cepat atau lambat seperti di Bumi.

"Ini (mekanisme yang terjadi di Bumi) mungkin juga terjadi di Mars. Seekor gajah bisa berjalan menjauh dari aliran lava. Namun, ada juga bukti untuk aliran lava yang lebih cepat di Mars, banjir lava yang sebenarnya. Dalam kasus ini, mungkin seekor gajah tak mampu melarikan diri," papar McEwen.

Mars Reconaissance Orbitter diluncurkan pada tahun 2005 dan mengorbit Mars sejak tahun 2006. Wahana ini telah mengirimkan banyak data tentang Planet Mars ke Bumi.
SPACE/kcm

www.lintas-copas.blogspot.com