Jumat, 14 Desember 2012

Review Singkat Nokia E7 Communicator

Dinasti Communicator Nokia belum mati. Nama besar pelopor ponsel cerdas qwerty ini masih terus didengungkan walaupun sudah lama, sejak merilis E90, sudah tak terdengar lagi namanya. Melalui E7, perusahaan asal Finlandia ini coba mengulang kejayaan masa lalu.

Diluncurkan secara resmi di Energy Building, Selasa (14/12/2010), E7 mencoba konsep dari ponsel Communicator terdahulunya, yang memang ditujukan sebagai ponsel bisnis. Nokia Indonesia menyebutnya sebagai ultimate bussines phone karena mereka mengklaim ponsel ini bukan sekedar ponsel bisnis biasa.

Dilihat dari sisi desainnya, pengguna mungkin akan terkecoh dengan tampilannya yang sangat mirip dengan N8. Bergaya sediki 'robotic' jika disandingkan antara N8 dengan E7 mungkin tidak akan menemukan perbedaan sama sekali. Perbedaanya akan terlihat ketika papan ketik qwerty dibuka. Ini membuktikan qwerty masih lekat dalam seri Communicator.

Sebutan evolusi Communicator dari pendahulunya ketika pada layar yang mengusung ukuran 4 inci tertanam teknologi layar sentuh. Ya, sedikit banyak ponsel ini mengadopsi seri N97 dan N97 mini.

Dahulu push email dan pull email mungkin masih menjadi bahan 'jualan' utama ponsel bisnis, namun kalau E7 mengandalkan layanan itu saja, jelas ponsel cerdas ini tidak akan tergerus. Beruntung Nokia yang telah menanamkan aplikasi bisnis lainnya yang cukup membantu.

Salah satu di antaranya, yang okezone sempat me-review-nya secara singkat adalah fitur edit untuk power point. Dengan fitur ini, pekerjaan mengedit ringan untuk power point dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Sementara itu, dari sisi jeroan, tidak ada yang terlalu istimewa dari ponsel ini. Sebut saja mass memory 16GB, internal memory 350MB, dengan sokongan RAM 256 dan ROM 1024, agak riskan untuk perangkat cerdas yang mampu melakukan multitasking.

Salah satu kelemahan dari E7 ini adalah user interface yang membosankan. Memang, Nokia telah membenamkan Symbian^3, tapi sayang tidak ada antarmuka yang menarik di ponsel ini. Bahkan cenderung tidaka da bedanya dengan N8, C6 atau C7.

Berikut spesifikasi E7
  • OS: Symbian3
  • Display: 4 inci, AMOELAD, clearblack technology.
  • Media Storage: mass memory 16GB, internal memory 350MB, dengan sokongan RAM 256 dan ROM 1024
  • Camera: 8MP, video capture 720p
  • Konektifitas: GPRS, HSDPA, HSPA


www.lintas-copas.blogspot.com