Kamis, 06 Desember 2012

Ribuan Kandidat Planet Ditemukan


ESO

Ilustrasi Bimasakti yang lebih dipadati planet daripada bintang. Studi mengungkap bahwa ada 160 miliar planet di Bimasakti.

Jumlah kandidat planet yang ditemukan wahana antariksa Kepler semakin bertambah. Jumlahnya hampir dua kali lipat angka yang diperkirakan sebelumnya.

Baru-baru ini, astronom menemukan 1.091 kandidat planet ekstrasurya. Jumlah itu masih ditambah 1.235 planet yang ditemukan sebelumnya, sehingga jumlah total kandidat planet mencapai 2.321 buah. Analisis untuk mengonfirmasi kandidat planet itu masih terus dilakukan. Ilmuwan optimistis jumlah planet akan terus bertambah.

"Kami punya alasan statistik sehingga saat ini kami bisa yakin bahwa 90 persen kandidat planet adalah planet yang sebenarnya," kata Ronald Gilliland, salah satu anggota tim Kepler.

Dari ribuan kandidat planet itu, 61 di antaranya telah dinyatakan benar-benar planet. Kandidat baru planet yang ditemukan beragam. Ada 196 planet yang mirip Bumi, jumlah ini empat kali lipat dari perkiraan sebelumnya. Adapun jumlah super-Erath, planet berukuran 2 kali Bumi, sebanyak 416 buah.

Dengan jumlah planet tersebut, makin besar kemungkinan bagi manusia untuk menemukan planet layak huni. Penemuan kandidat planet baru ini dipublikasikan di ArXiv.org dan sebentar lagi bakal dimuat juga di Astrophysical Journal.

National Geographic News



www.lintas-copas.blogspot.com