Jumat, 28 Desember 2012

Seabad Pejelajahan Radio Untuk Menjangkau Alien

alt


Sejak ditemukannya radio satu abad lalu, manusia telah malakukan siaran ke ruang angkasa dengan harapan, setiap makhluk asing dapat mendengarkan dan belajar dari kehadiran kita.









Meskipun gelombang jangkauannya mencapai jarak 200 tahun cahaya ke segala arah, namun hal ini masih membutuhkan 118.800 tahun cahaya lagi untuk mencapai seluruh Bima Sakti.



Titik kuning kecil yang terlihat lebih kecil dari planet Bumi dalam foto yang dirilis ini-- mengungkap bahwa sejauh ini ada keterbatasan dari penyiaran sejak Marconi menemukan radio pada 1895.



Ketika kita menganggap ada miliaran galaksi seperti galaksi kita di alam semesta, pencarian kehidupan di luar bumi tidak mungkin berakhir dalam waktu singkat.



Science bloger, Adam Grossman, orang yang menciptakan diagram ‘Humanity Bubble’ dengan menggunakan images ternama Nick Risinger, bergurau dalam situsnya: “Ini telah membuat saya merasa kecil, sedih dan sendirian.”




Namun, jika hal itu hanya akan menghabiskan waktu empat menit untuk sampai ke Mars ketika bepergian pada kecepatan cahaya, dengan jarak 200 tahun cahaya bukanlah prestasi kecil.



Dengan adanya bukti terbaru dari gempa di Planet Mars, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat kehidupan asing di Planet Merah tersebut. Kita semua berharap untuk dapat menciptakan satu set radio yang dapat mencapai Planet Mars.

DM/sua)



www.lintas-copas.blogspot.com