Kamis, 27 Desember 2012

Struktur Geologi Misterius Tampak dari Angkasa


ESA/NASA

Astronot Belanda Andre Kuipers mengambil foto formasi batuan ini dari Stasiun Antariksa Internasional.

Formasi besar dengan warna tembaga di Afrika Barat mendominasi sebuah foto memukau yang diambil oleh astronot dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Astronot Belanda, Andre Kuipers, mengambil gambar yang dikenal sebagai struktur Richat di Mauritania, saat stasiun ruang angkasa terbang di atas Gurun Sahara di Pesisir Atlantik Afrika Barat.

Erosi dari berbagai lapisan batuan menciptakan area serupa cincin yang membentuk struktur luas. Meski begitu, menurut para ahli geologi, asal-usul struktur Richat tetap misterius.

Foto yang diambil Kuipers menunjukkan sudut pandang yang unik dari angkasa. Stasiun antariksa, tempat Kuiper berada, melayang sekitar 386 kilometer di atas permukaan Bumi. Menurut Badan Antariksa Eropa, gambar itu diambil pada tangga l7 Maret menggunakan kamera Nikon D2Xs.

Selama berbulan-bulan mengisi pos di Stasiun Antariksa Internasional, para astronot sering melakukan observasi Bumi untuk ilmu pengetahuan dan pendekatan publik.

Sepanjang misi mereka, para astronot ini aktif dalam media sosial, seperti di Twitter atau Google + untuk berbagi pemandangan menakjubkan dari ruang angkasa.

Saat ini ada enam astronot di ISS, yakni Kuipers, Dan Burbank, dan Don Pettit dari AS, serta kosmonot Rusia, Anton Shkaplerov, Anatoly Ivanishin, dan Oleg Kononenko. Burbank adalah komandan misi ke-30 ISS.

Kuipers meluncur ke stasiun ruang angkasa pada Desember 2011. Dia bertugas di sana selama enam bulan. Kuipers, Kononenko, dan Pettit dijadwalkan kembali ke Bumi pada 1 Juli 2012.

Space / kcm

www.lintas-copas.blogspot.com