Kamis, 27 Desember 2012

Surya Majapahit ; Relief Populer Kerajaan Majapahit

Pada zaman Majapahit, agama menjiwai segenap lapangan kehidupan, termasuk kebudayaan. Semua cabang kebudayaan, seperti seni pahat, seni sastra, dan seni panggung bernafaskan keagamaan. Namun, zaman Majapahit tidak menghasilkan bangunan-bangunan semegah kelompok candi Borobudur dan Prambanan, yamg dibangun pada zaman Mataram Kuno di Jawa Tengah.

Dan yang paling berkesan jika dihubungkan dengan Sinar Majapahit, Dalam Babad Tanah Jawi dan Serat Kenda, raja Majapahit itu disebut Brawijaya. Sudah Pasti bahwa nama Wijaya. Sebutan bhra/bhre sama dengan sebutan cri, artinya’’sinar’’. Baik bhra maupun cri, artinya’’sinar’’. Baik bhra maupun cri banyak digunakan sebagai sebutan raja. Masa kejayaan Majapahit berlangsung dalam era pemerintahan Hayam Wuruk, masa sebelumnya, Kejayaan Majapahit baru mulai mendaki kearah puncaknya. dalam Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk(1350-1389 M), masa pemerintahan Hayam Wuruk dianggap masa kejayaan Majapahit karena tidak ada konflik internal ataupun eksternal dengan daerah-daerah lainnya. Disinilah Hayam Wuruk : Rajasanegara menjadi tokoh utama pada masa kejayaan Majapahit. Dalam Negarakertagama, Empu Prapanca begitu meng elu-elukan sosok Rajasanegara(Hayam Wuruk) dalam kepiwiaiannya memimpin Majapahit. Namun terlepas dari itu kejayaan Majapahit memang tidak terlepas dari beberapa sektor yang mendukungnya mulai dari ekspansi sampai bermunculan sastrawan-sastrawan serta karya-karya dihasilkan.

Demikianlah banyak hal yang membuat Majapahit menjadi jaya dalam masa Pemerintahan Hayam Wuruk. Beberapa hal penting yang dapat diamati melalui kajian sumber-sumber sejarah dan bukti arkeologis dari masa itu adalah sebagai berikut :

1. Adanya sistem pemerintahan yang efektif

2. Adanya keajegkan (kestabilan) pemerintahan

3. Berlangsungnya kehidupan keagamaan yang baik

4. Terselenggaranya upacara kemegahan di Istana

5. Tumbuh kembangnya berbagai kesenian

6. Hidupnya perniagaan Nusantara dan Jawa( Majapahit)

7. Pelaksanaan politik Majapahit terhadap Nusantara

8. Adanya pengakuan internasional dari negara-negara lain di Asia Tenggara.

Karya-karya bermunculan pada masa Majapahit, seni relief dan patung banyak ditemukan yang unik. Pencapaian peradaban dalam masa Majapahit terjadi pula dalam bidang seni arca yang mempunyai bentuk dan gaya tersendiri. Jumlah arca yang dihasilkan dalam era Majapahit cukup banyak. Arca- arca tersebut ada yang berasal dari periode awal, kejayaan, kemunduran, dan keruntuhan Majapahit. Ciri khas bentuk arca Majapahit telah ditelaah oleh para ahli. Salah satu cirinya yang kuat adalah terdapatnya garis-garis disekitar tubuh arca. Garis ini sebagai garis sinar yang lazim disebut dengan’’Sinar Majapahit’’. Adapun bentuk relief lingkaran yang dilengkapi garis-garis sinar seringkali didapatkan dibeberapa bagian candi yang disebut dengan’’Surya Majapahit’’.

Munandar mengatakan bahwa N.J Krom pernah mengemukakan dalam artikelnya yang berjudul’’De beelden van Tjandi Rimbi’’(1912) tentang ciri-ciri arca masa Majapahit namun Justru ciri yang kerap kali di dapatkan pada arca-arca Majapahit, oleh Krom malah dilupakan, yaitu adanya’’Sinar Majapahit’’ yang keluar dari sekeliling tubuh arca. Mungkin saja pada masa Krom menyusun karyanya, temuan arca-arca Majapahit dengan’’Sinar Majapahit’’ belum banyak ditemukan oleh Krom sebagai salah satu ciri arca pada masa Majapahit.

Slamet Muljana. Tafsir Sejarah: Negara Kretagama.(Yogyakarta:Lkis, 2011). 257

Slamet Muljana.Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara.(Yogyakarta:Lkis,2005).1

Agus Aris Munandar. Ibukota Majapahit: Masa Jaya dan Pencapaian.(Depok:Komunitas Bambu, 2008).1-3

Op.cit hlm.31

Op.cit.hlm.10-12

Vivit Evit

www.lintas-copas.blogspot.com