Senin, 17 Desember 2012

Video 3 Menit Ungkap Evolusi Bulan


NASA

Muka Bulan sekitar 4 miliar tahun lalu.
Memperingati 1000 hari misi Lunar Reconaissance Orbiter (LRO) sejak peluncuran pada 18 Juni 2009 lalu, NASA meluncurkan video yang menunjukkan proses evolusi Bulan.

Kebanyakan manusia, dari sudut pandang pengamatan di Bumi, menyangka bahwa Bulan selalu tampak sama sepanjang waktu. Padahal, Bulan mengalami banyak perubahan dalam "kehidupannya".

Video yang dirilis NASA menyuguhkan proses evolusi Bulan yang berlangsung mulai 4,5 miliar tahun yang dalam durasi waktu hanya 3 menit.

Dalam video itu, terlihat bahwa antara 4,5 - 4,3 miliar tahun yang lalu, benda angkasa raksasa menumbuk kutub Bulan, membentuk South Pole Aitken Basin yang lebarnya 2.500 km dan dalamnya 13 km.

Tergambar juga bahwa tumbukan benda angkasa terus terjadi setelahnya. Periode 4,1 - 3,8 miliar tahun yang lalu dikenal sebagai Heavy Bombardment, dimana banyak objek angkasa menumbuk permukaan.

Video juga menunjukkan adanya proses vulkanisme di Bulan. Selain itu juga proses pembentukan kawah yang terjadi mulai 3,8 miliar tahun yang lalu.
Berikut videonya


KCM



www.lintas-copas.blogspot.com